Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP). Foto: Perseroan.

PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP). Foto: Perseroan.

CMNP Targetkan Laba Bersih Capai Rp 264 Miliar Hingga Akhir 2020

Selasa, 15 Desember 2020 | 13:42 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, Investor.id - PT Citra Marga Nusaphala Tbk (CMNP) memperkirakan penurunan laba bersih menjadi Rp 264 miliar hingga akhir 2020, dibandingkan raihan tahun lalu mencapai Rp 758,17 miliar. Penurunan dipicu atas penurunan lalu lintas seluruh ruas tol perseroan dan peningkatan beban bunga.

Manajemen CMNP menyebutkan, laba usaha perseroan juga diperkirakan turun menjadi Rp 765 miliar sampai akhir 2020, dibandingkan pencapaian tahun 2019 sebanyak Rp 1,11 triliun. Sedangkan EBITDA tahun ini diperkirakan mencapai Rp 853 miliar.

“Ekspektasi pelemahan laba bersih tersebut dipengaruhi atas penurunan volume lalu lintas rata-rata dan peningkatan beban bunga anak usaha perseroan sepanjang tahun ini,” tulis manajemen CMNP melalui siaran pers diterima Investor Daily di Jakarta, Selasa (15/12).

Hingga kuartal III-2020, perseroan membukukan penurunan pendapatan menjadi Rp 1,69 triliun, dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 2,39 triliun. Total laba komprehensif yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk juga turun dari Rp 471,95 miliar menjadi Rp 318,79 miliar.

Manajemen CMNP menambahkan, perseroan memperkirakan total anggaran belanja modal (capital expenditure) tahun ini bakal mencapai Rp 450 miliar. Dengan anggaran belanja modal yang telah terserap tersebut ditambah pulihnya lalu lintas harian ruas tol, kinerja keuangan perseroan tahun 2021 diharapkan lebih baik, dibandingkan pencapaian tahun 2020.

CMNP sebelumnya merampungkan penawaran umum terbatas II dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) sebanyak 1,81 miliar saham disertai waran seri 1 sebanyak 1,26 miliar. Dari aksi korporasi ini, perseroan meraup dana segar senilai Rp 1,4 triliun. “Masuknya dana segar tersebut membuat DER perseroan turun di bawah satu, sehingga kemampuan pendaaan CMNP membesar untuk lebih leluasa penggara proyek-proyek tol selanjutnya,” terangnya.

Proyek Tol

Manajemen CMNP menyebutkan bahwa perseroan sedang menggarap tiga proyek tol untuk melengkapi intekonektivas jaringan yang sudah ada. Di antaranya proyek tol Harbour Road II untuk melengkapi jaringan Jakarta Intra Urban Toll Road (JIUT) dan Jakarta Outer Ring Road (JORR). Perseroan juga sedang menggarap proyek tol Antasari-Salabenda (Desari) untuk menjadi second Jagorawi yang terkoneksi dengan 4 jaringan jalan tol. Perseroan juga sedang menggarap proyek tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Perseroan sebelumnya telah menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) ruas Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga pada 23 Juni 2020. PPJT terkait pengembangan jalan tol Ancol Timur-Pluit melayang atau tol Harbour II dengan investasi Rp 15,85 triliun. Tol Harbour II memiliki panjang 9,6 kilo meter dengan target pengoperasian pada 2024.

Perseroan melalui PT Citra Waspphutowa juga telah mengoperasikan tol Depok-Antasari seksi 2 Brigif-Sawawngan pada Juli 2020. Sedangkan tol Desari seksi 1 Antasari-Brigif telah melaksanakan penyesuaian tarif pada 6 Desember lalu.

Sedangkan seksi 3 Sawangan-Bojonggede sepanjang 9,5 kilo meter dan seksi 4 Bojonggede-Salabenda sepanjang 6,4 kilo meter sedang dalam tahap pengerjaan dan pembebasan lahan. Rencananya tol Desari beroperasi secara penuh pada kuartal III-2023.

Proyek lain yang sedang digarap perseroan adalah tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang dikelola PT Citra Karya Jabar Tol. Ruas tol sepanjang 60,10 kilo meter tersebut akan terkoneksi dengan tol Padalarang, Cileunyi, Soreang-Pasir Koja, dan Cikampek-Palimanan.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN