Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua DPR Nancy Pelosi (kanan) menunjukkan pasal pemakzulan  terhadap Presiden Donald Trump yang ditandatangani di Capitol, Washington, DC Amerika Serikat (AS), pada 13 Januari 2021. ( Foto: Stefani Reynolds/Getty Images/AFP )

Ketua DPR Nancy Pelosi (kanan) menunjukkan pasal pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump yang ditandatangani di Capitol, Washington, DC Amerika Serikat (AS), pada 13 Januari 2021. ( Foto: Stefani Reynolds/Getty Images/AFP )

Fokus Pasar: Trump Kembali Dimakzulkan

Kamis, 14 Januari 2021 | 08:33 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id — Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali dimakzulkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS seiring dengan aksi penghasutan ke massa pendukungnya yang berbuntut pada demo di Capitol Hill.

Berdasarkan riset harian Kiwoom Sekuritas, sebanyak 232 anggota DPR termasuk 10 anggota Partai Republik memilih pencopotan Trump. Padahal satu minggu lagi Trump akan memberikan kursinya kepada Presiden terpilih AS Joe Biden. Mantan wakil presiden Barrack Obama itu akan dilantik 20 Januari.

Meski demikian, sepertinya Senat AS, yang dikuasai Republik belum mengambil keputusan apakah akan melakukan persidangan pemakzulan Trump atau tidak. AS menganut sistem dua kamar, sehingga sidang pemakzulan tak hanya mendapat persetujuan DPR tapi juga Senat dan sebaliknya.

Namun pemimpin Senat Mitch McConnel dari Republik mengatakan tidak mungkin sidang digelar. Sebab Senat menjadwalkan kembali sesi pertemuan regular di 19 Januari, satu hari sebelum Trump resmi diganti Biden.

Dari dalam Negeri, Presiden Joko Widodo bersama sejumlah pejabat dan perwakilan masyarakat telah disuntik vaksin Covid-19. Setelah ini, proses vaksinasi akan dilanjutkan kepada masyarakat di seluruh daerah.

Untuk diketahui, vaksin buatan Sinovac tersebut telah mendapat izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Vaksin Covid-19 juga telah dinyatakan halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Jokowi mengatakan, vaksinasi penting untuk memutus mata rantai penularan virus corona. Selain memberikan perlindungan terhadap kesehatan masyarakat, vaksinasi juga diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi.’

Setelah Jokowi, sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat juga ikut divaksinasi perdana. Mereka di antaranya Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Azis, hingga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Ada juga perwakilan tokoh agama, pedagang, hingga buruh.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN