Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Giant Supermarket. Foto: youtube

Giant Supermarket. Foto: youtube

Tutup Sejumlah Gerai Giant, Hero Sedang Transformasi Bisnis

Selasa, 9 Februari 2021 | 18:21 WIB
Muhammad Ghafur Fadila

JAKARTA, Investor.id – Manajemen PT Hero Supermarket Tbk (HERO) menyebutkan bahwa penutupan sejumlah gerai Giant dalam beberapa bulan terakhir bagian dari transformasi bisnis guna menjadikan perseroan bisa bersaing secara efektif ke depan.

Direktur Hero Supermarket Hadrianus Wahyu Trikusumo menjelaskan, perseroan tidak akan melakukan penutupan secara permanen atas gerai-gerai tersebut, melainkan sifatnya penataan ulang toko dan renovasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Giant dapat memenuhi preferensi para pelanggan yang terus berkembang. “Semuanya akan mengarah pada bisnis yang lebih berkelanjutan dan lebih kuat di masa mendatang,” jelasnya dalam keterangan resmi di Bursa Efek Indonesia, Selasa (9/2).

Selain itu, Hadrianus menambahkan, strategi ini bagian dari antisipasi atas persaingan bisnis ritel makanan yang kian ketat. Pandemi ini juga menjadi alasan perseroan untuk melakukan penataan ulang, sejalan dengan beragam pembatasan sosial yang mengubah perilaku berbelanja disertai dengan permintaan produk yang berbeda.

“Perubahan ini penting untuk memastikan bahwa kami dapat terus menawarkan pelanggan kami toko yang dapat mereka percaya dari segi nilai kualitas dan layanan yang layak mereka dapatkan,” ujarnya.

Penguatan proposisi pelanggan dalam bisnis makanan itu akan dibarengi dengan terus mengembangkan lini bisnis perseroan lainya, seperti kesehatan dan kecantikan, yakni Guardian dan IKEA yang tetap berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Presiden Direktur Hero Supermarket Ingemar Patrick Lindvall memaparkan, perseroan akan terus memantau kinerja IKEA secara ketat juga melakukan investasi secara bijaksana agar laba bersish dari lini bisnis ini tetap terjaga.

Berdasarkan arsip Investor Daily pada Desember 2020, investasi yang disebutkan oleh Patrick adalah keinginan menggenjot penjualan dari toko offline dengan membuka dua gerai baru untuk melengkapi penjualan melalui e-commerce yang sedang bertumbuh pesat.

Gerai baru IKEA yang bakal dibuka berlokasi di Bandung dan Jakarta Timur ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi terhadap perseroan di tahun 2021. “Kinerja penjualan secara daring/online IKEA menunjukan pertumbuhan yang signifikan, apabila dibandingkan dengan semester pertama di awal tahun 2020,” kata dia.

Dalam pembukaan gerai baru tersebut perseroan akan mengedepankan tiga pilar bisnis pedoman perseroan, yaitu affordability, accessibility, dan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan serta masyarakat.

Dengan demikian tahun ini, Hero Supermarket akan memiliki 4 gerai IKEA termasuk yang berlokasi di Alam Sutera, Tangerang dan Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN