Menu
Sign in
@ Contact
Search
Highlight Reksa Dana Terbaik 2021

Highlight Reksa Dana Terbaik 2021

Raiz Invest Luncurkan RDT Harga Terjangkau, Inilah Keuanggulannya

Selasa, 29 Juni 2021 | 22:09 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Raiz Invest Indonesia menargetkan penjualan Reksa Dana Terproteksi (RDT) secara online dapat mendukung penambahan jumlah investor perseorangan menjadi 350.000 investor dari saat ini 250.000 investor. Pasalnya, RDT ini dapat dibeli dengan nominal mulai dari Rp 1 juta.

CEO Raiz Invest Indonesia Fahmi Arya Wicaksana mengatakan, dengan harga yang terjangkau dan bisa dibeli secara online, diharapkan dapat menarik para calon investor pemula yang lebih suka beraktivitas melalui gawai. Raiz Invest sendiri menargetkan dapat memasarkan minimal satu produk RDT setiap bulannya dengan target penjualan Rp 1 miliar per produk.

Target itu sejalan dengan karakter sebagian besar masyarakat Indonesia yang lebih cenderung melakukan investasi deposito. Sehingga dengan nominal investasi yang cukup terjangkau serta potensi imbal hasil atas deposito, calon investor dapat memiliki alternatif investasi di tengah gejolak ekonomi ketika pandemi.

“Minat terhadap Reksa Dana Terproteksi (RDT) tersebut kami tangkap dan segera berjalan dengan membuka peluang kerja sama pemasaran RDT online itu dengan beberapa manajer investasi,” jelas Fahmi dalam acara ngobrol bareng Raiz Invest Indonesia, Selasa (29/6).

Untuk diketahui, RDT adalah jenis reksa dana yang memiliki aset dasar obligasi atau surat utang dengan keunikan mekanisme valuasi pasar yang relatif tidak fluktuatif seperti halnya reksa dana jenis lain. Selain itu, dengan mekanisme pengelolaan RDT, memungkinkan produk ini memberikan imbal hasil berkala dan mengembalikan utuh dana investasi awal investor di saat jatuh tempo.

RDT juga memiliki kelebihan, valuasi pasar yang lebih stabil dan menunjukkan karakteristik terproteksi yang bisa terjadi karena pembelian maupun penjualan unit penyertaan produknya tidak sepanjang waktu/tidak terbuka seperti halnya reksadana lainya.

Dengan begitu, investor yang berminat pada RDT hanya dapat membeli produk di awal pemasaran dengan waktu penjualan unit penyertaan yang sudah ditentukan. Dengan adanya jendela waktu pembelian dan penjualan, RDT itu dapat melindungi nilai investasi produk yang biasa disebut capital protected fund (CPF) tersebut. Karena keunikannya, produk RDT sering diasosiasikan dengan produk deposito karena memiliki imbal hasil yang stabil, atau hampir pasti.

Meskipun dengan beberapa keunggulan di atas, kata Fahmi, investor perlu ingat bahwa setiap investasi memiliki risiko, beberapa risiko dari RDT yang perlu diperhatikan yakni risiko likuiditas, risiko kredit dan risiko pasar. Untuk itu, disarankan untuk berdiskusi dahulu dengan agen penjual. Raiz Invest telah menyediakan layanan tersebut dalam aplikasinya.

Editor : Totok Subagyo (totok_hs@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com