Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salim Ivomas Pratama

Salim Ivomas Pratama

Harga Sawit Naik, Penjualan Salim Ivomas Menanjak 30% di Semester I

Jumat, 13 Agustus 2021 | 09:22 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) mengumumkan laporan keuangan konsolidasian interim untuk periode semester I-2021 dengan meraih penjualan sebesar Rp8,96 triliun, mencerminkan pertumbuhan 30% secara year on year (yoy).

Direktur Utama Grup SIMP, Mark Wakeford mengatakan, kenaikan penjualan terutama didorong oleh kenaikan harga jual rata-rata (ASP) produk sawit dan produk Minyak & Lemak Nabati (EOF) serta kenaikan volume penjualan produk EOF. “ASP, CPO dan PK masing-masing meningkat 26% yoy dan 62% yoy,” urainya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (13/8/2021).

Seiring dengan kenaikan penjualan, SIMP menyebut bahwa profitabilitas Perseroan juga menguat dimana laba kotor mencapai Rp2,06 triliun atau tumbuh 109% yoy, laba usaha Rp1,13 triliun, tumbuh 500% yoy dan EBITDA Rp1,83 triliun atau tumbuh 89% yoy.

Sementara laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk berbalik positif menjadi Rp219 miliar dari rugi Rp301 miliar pada periode sebelumnya. “Profitabilitas yang kuat terutama disebabkan oleh naiknya laba usaha dan penurunan beban keuangan yang sebagian diimbangi oleh kenaikan beban pajak penghasilan,” papar Wakeford.

Meski penjualan dan laba bersih menguat, SIMP mencatat penurunan produksi di semester I-2021, dimana produksi Tandan Buah Segar (TBS) inti turun 3% yoy menjadi 1,36 juta ton. Begitu pula dengan total produksi CPO yang turun 1% yoy menjadi 345 ribu ton.

Seiring dengan ini maka volume penjualan CPO turut turun 1% yoy menjadi 343 ribu ton sedangkan volume penjualan produk PK turun 3% yoy menjadi 84 ribu ton..

 “Pada semester I-2021, Grup SIMP meraih kinerja keuangan yang positif seiring kenaikan harga jual rata-rata produk sawit dan produk EOF, kenaikan volume penjualan EOF serta upaya-upaya kami dalam pengendalian biaya dan efisiensi,” ujarnya.

Dikatakan di tengah dampak pandemi di seluruh dunia serta kondisi ketidakpastian, pihaknya tetap berfokus memprioritaskan belanja modal pada aspek-aspek yang memiliki potensi pertumbuhan, meningkatkan pengendalian biaya dan efisiensi, menciptakan inovasi untuk peningkatan produktivitas perkebunan serta mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan karyawan selama masa pandemi.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN