Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Toko-toko penjual samrtphone di sebuah mall. Foto ilustrasi: DEFRIZAL

Toko-toko penjual samrtphone di sebuah mall. Foto ilustrasi: DEFRIZAL

Semester I-2021, Erajaya Catat Pertumbuhan Penjualan 47,6%

Senin, 16 Agustus 2021 | 14:01 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Erajaya Swasembada Tbk. salah satu perusahaan distributor dan retail handset terbesar di Indonesia merilis laporan keuangan pada semester pertama 2021. Perseroan berhasil melanjutkan trend pertumbuhan dengan meningkatnya penjualan bersih sebesar 47,6% YoY (Year on Year) dan berhasil mencatat peningkatan laba yang signifikan sebesar Rp 558,5 miliar.

Adapun pertumbuhan penjualan yang sebesar 47,6% YoY, dari Rp 14,5 triliun per semester I 2020 menjadi Rp 21,4 triliun pada semester I- 2021. Sedangkan untuk pertumbuhan laba tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar 392,4% YoY dari Rp113,4 miliar pada semester I 2020 menjadi Rp558,5 miliar pada semester I 2021.

Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada Tbk Hasan Aula mengatakan, sepanjang semester I 2021, pihaknya berhasil menjaga momentum kinerja Perseroan dengan keberhasilan meningkatkan laba Perseroan hampir 5x lipat dibanding semester I- 2020.

“Pencapaian yang luar biasa ini adalah hasil kerja keras dari seluruh tim yang menerapkan strategi yang tepat sasaran untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan,” kata Hasan melalui siaran pers, Senin (16/8).

Menurut Hasan, beragam produk baru juga bermunculan dan sangat diterima oleh konsumen berkat teknologi terbaru dan unggulan dimana kebutuhan handset dan produk pendukung lainnya menjadi sangat penting untuk mendukung kegiatan selama masa pembatasan aktivitas yang terjadi.

Erajaya
Erajaya

“Di tahun 2021 ini, dengan mulai kembali bukanya jaringan toko-toko kami, masih dapat kita lihat banyaknya pelanggan yang tetap menyukai bertransaksi di toko, karena ada keinginan untuk melihat, mencoba dan merasakan serta mendapatkan pengalaman berbelanja yang memuaskan langsung dari sales specialist kami. Hal ini tentu saja mendorong kinerja Perseroan secara keseluruhan,” ujar Hasan.

Secara umum, lanjut Hasan, pandemi dan pembatasan aktivitas di berbagai wilayah di Indonesia dengan jangka waktu yang tidak singkat, menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis termasuk Erajaya. Namun, menurut Hasan, pihaknya berhasil mengatasi tantantangan ini menjadi opportunity untuk tetap memberikan layanan dan produk unggulan melalui beragam strategi.

Adapun strategi yang diterapkan oleh Erajaya, adalah mobile Shopping. Melalui strategi ini, pihaknya memberikan promo terbaru dan terbaik melalui e-catalog dan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memesan via chat Whatsapp center.

Lalu, Home Delivery Service/EraXpress. layanan delivery yang dilakukan oleh pihak Erajaya dalam waktu 3 jam dan gratis ongkir untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mendapatkan produk yang diinginkan tanpa perlu keluar rumah.

Selanjutnya, Omni-Channel. layanan berbasis O2O (online to offline maupun sebaliknya) yang memberikan kebebasan bagi pelanggan untuk memesan produk, serta Online promotion & exhibition. Secara agresif , Erajayamelaksanakan berbagai event promosi melalui online platform www.eraspace.com maupun bekerja sama dengan e-commerce marketplace di Indonesia untuk menawarkan produk unggulan dengan penawaran menarik.

“Strategi ini didasarkan pada komitmen Erajaya untuk mengutamakan kepuasan pelanggan dan memberikan customer journey yang positif, lewat semua channel yang dipilih oleh pelanggan baik online maupun offline,” ungkap Hasan.

Jaringan Ritel

Erajaya. Foto: EMRAL
Erajaya. Foto: EMRAL

Tak hanya itu, Erajaya juga terus meningkatkan jaringan toko ritel pada 2021. Per 30 Juni 2021, Erajaya telah memiliki toko ritel sebanyak 1.067 toko dengan 88 titik distribusi, serta kerjasama dengan lebih dari 64.000 reseller di wilayah Indonesia, Malaysia dan Singapura. Seiring dengan ekspansi footprint ini, management juga terus memonitor perkembangan dan dampak pandemi, dan akan terus melakukan penyesuaian akan strategi bisnis ke depannya, sesuai dengan kebutuhan.

Hasan juga menambahkan, salah satu strategi dalam melakukan ekspansi jaringan, Erajaya memperkenalkan Erafone Cloud Retail Partner, yang merupakan gerai Erafone yang dimiliki oleh investor perorangan, namun dikelola dan dioperasikan sepenuhnya oleh tim Erafone.

Seluruh produk gadget, aksesoris dan ekosistem yang di jual di gerai ini adalah portofolio yang lengkap, produk yang orisinil dan bergaransi resmi, seperti layaknya dijual di outlet Erafone lain.

“Ini merupakan inovasi terbaru dari pengembangan jaringan toko Erafone dengan konsep kemitraan kepada investor perorangan untuk menjadi bagian dari keluarga dan kisah sukses Erajaya, dengan tingkat risiko yang minim,” tandas Hasan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN