Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Logo Bappebti.

Logo Bappebti.

Waspada Instrumen Investasi yang Menawarkan Pengunaan Robot Trading

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 18:22 WIB
Parina Theodora (redaksi@investor.id)

Jakarta – Sepanjang 2021 Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah memblokir sebayak 704 situs ilegal. Dalam hal pemblokiran ini otoritas perdagangan berjangka mengandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melacak keberadaan situs tak berizin yang mengatasnamakan perdagangan berjangka.

Bappebti mencatat keberadaan situs ilegal ini terus menerus muncul. Oleh karena itu, Bappebti rutin mengawasi dan mengamati website yang memberikan penawaran baik berupa iklan atau promosi mengenai perdagangan berjangka komoditi (PBK) ilegal. Per Juli 2021 saja, Bappebti mendeteksi sebanyak 82 domain situs web ilegal di bidang PBK.

Kepala Bappebti, Indrasari Wisnu Wardhana mengatakan penawaran investasi forex dengan dalih melakukan penjualan robot trading makin marak. Menurutnya, entitas tersebut menggalang dana masyarakat melalui paket-paket investasi dengan menggandeng pialang berjangka luar negeri yang tentunya tidak berizin usaha sebagai pialang berjangka Bappebti.

Ia menambahkan, diantara entitas tersebut ada pihak yang menyalahgunakan Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan. Berbekal surat tersebut, masyarakat dijanjikan keuntungan yang tetap dan pembagian keuntungan dengan penjual robot trading tersebut.

Bappebti pun menemukan penjualan perangkat lunak (software) robot trading yang disertai dengan pernyataan bahwa dengan menggunakan robot trading, tidak diperlukan kemampuan investor dalam melakukan analisa teknik, fundamental, serta tidak adanya teknik yang harus dipelajari.

“Bagi anggota yang dapat merekrut anggota baru untuk bergabung dijanjikan mendapat hadiah berupa bonus sponsorship. Penawaran yang mereka lakukan sangat gencar, tidak hanya melalui internet, namun juga melalui seminar yang diadakan oleh komunitas,” tutur Wisnu.

Editor : Parina Theodora (theo_olla@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN