Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) Noersing  saat Public Expose Live 2021, Selasa (7/9/2021).  Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Direktur Utama PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) Noersing saat Public Expose Live 2021, Selasa (7/9/2021). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Dongkrak Pertumbuhan, MNC Perkuat Bisnis Gaming Dan E-Sport

Selasa, 7 September 2021 | 17:37 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id – PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) akan mengenjot bisnis gaming dan E-sport guna memperkuat pertumbuhan kinerja keuangan ke depan. Sedangkan kinerja keuangan Media Nusantara Citra (MNC) semester II-2021 diproyeksikan lebih baik dari realisasi paruh pertama tahun ini.

Direktur Utama Media Nusantara Citra Noersing mengatakan, selama pandemi ini, pertumbuhan bisnis gaming dan E-sport sangat pesat. Di dunia tercatat ada 3 miliar gamers dan sebanyak 110 juta gamers di Indonesia.

Sedangkan potensi pendapatan bisnis gaming di Indonesia diperkirakan mencapai US$ 2 miliar dan tingkat pertumbuhan diperkirakan 25-30% per tahun. “Dengan potensi itu, gaming dan e-sport ini akan menjadi salah satu katalis dari pertumbuhan Media Nusantara ke depan,” katanya dalam Public Expose Live 2021, Selasa (7/9).

Lebih rinci, dia mengatakan, divisi gaming adalah terobosan terbaru perseroan di bidang hiburan. Perseroan pun siap untuk merambah pasar game Indonesia yang berkembang pesat dan memperluas lini operasi bisnis game dengan mendirikan unit bisnis PT Esports Star Indonesia (ESI). ESI akan merilis game pertamanya yang berjudul Rapid Fire pada kuartal IV-2021.

Area fokus lain di bawah divisi game, sambung Noersing, mencakup manajemen tim E-Sports yang berasal dari program pencarian bakat game milik perseroan, manajemen kemitraan dengan penyedia game lokal dan internasional yang terkemuka untuk bergabung di aplikasi RCTI+ sebagai platform agregator game, serta meningkatkan produksi dan penyiaran program kompetisi E-Sports yang sedang berlangsung.

Menurut Riset yang dilakukan oleh Orion Market, pasar game online diperkirakan tumbuh CAGR 11,9% selama tahun 2020-2026. Selain itu, tren kompetisi game di Indonesia meningkat pesat didukung oleh program perseroan di GTV melalui E-Sports Star Indonesia yang akan mempromosikan game itu sendiri dan menghasilkan tim E- Sports kelas dunia yang akan dikelola oleh Perseroan. "Saya sangat yakin bahwa Rapid Fire akan menjadi popular dan besar di antara pemain mobile game di tahun- tahun mendatang," jelasnya.

Terkait kinerja di semester II-2021, Direktur Keuangan Media Nusantara Citra Ruby Panjaitan mengatakan, perseroan optimistis membukukan kinerja yang lebih baik pada paruh kedua, dibandingkan semester I-2021. Optimisme tersebut didorong perbaikan belanja iklan dan penurunan beban langsung perusahaan, serta digitalisasi yang makin membuahkan hasil.

Adapun, hingga semester I-2021, perseroan sudah menggunakan belanja modal (capital expenditure/capex) 52% dari anggaran yang dialokasikan sebesar US$ 45 juta tahun ini. Dana capex dialokasikan untuk penyelesaian Movieland dan perawatan reguler guna mendukung pertumbuhan dari kanal digital. “Movieland di KEK Lido yang dibuat untuk perkuat produksi konten yang sifatnya outdoor dan ini akan mulai digunakan pada tahun 2022,” ujarnya.

Emiten milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo ini berhasil mencetak kenaikan laba bersih 26% menjadi Rp 1,2 triliun pada semester I-2021. Laba didukung kenaikan pendapatan sebanyak 23% dari Rp 3,96 triliun menjadi Rp 4,86 triliun.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN