Menu
Sign in
@ Contact
Search
Puradelta. Foto: DEFRIZAL

Puradelta. Foto: DEFRIZAL

12 Perusahaan Siap Masuk, Puradelta Kembangkan Kawasan Data Center

Kamis, 9 September 2021 | 16:29 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) sedang membangun kawasan khusus untuk pengembangan data center. Perusahaan menargetkan sebanyak 12 perusahaan data center akan hadir di kawasan khusus Kota Deltamas tersebut, Cikarang.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Tondy Suwanto mengatakan, bisnis data center menunjukkan prospektif belakangan ini didukung pesatnya perkembangan teknologi digital. "Selain itu, adanya aturan pemerintah yang mengharuskan data-data yang berhubungan dengan Indonesia harus dibangun di Indonesia," jelas dia dalam acara Public Expose Live, Kamis (9/9).

Melihat potensi tersebut, Puradelta tertarik untuk membangun kawasan data center tersendiri di Kota Deltamas. Kawasan ini memiliki jaringan fiber optik dan terhubung dengan internet service provider. "Kami juga sudah membentuk kesepakatan dengan PLN untuk menyediakan listrik sampai 993 mega volt, khusus untuk kawasan Deltamas. Pasokan listrik ini sangat penting karena data center membutuhkan listrik yang besar," kata dia.

Adapun untuk membangun infrastruktur di kawasan tersebut, Puradelta sudah menganggarkan dana sebesar Rp 150-200 miliar. Dana ini diambil dari alokasi belanja modal (capital expenditure/capex) Puradelta yang tahun ini mencapai Rp 800-850 miliar.

Selain mempersiapkan infrastruktur, Puradelta menyambut perusahaan data center yang hadir di Deltamas. Tondy memperkirakan, lebih dari 12 perusahaan data center, baik perusahaan domestik dan global, hadir di Deltamas. Beberapa perusahaan data center sudah melakukan konstruksi di Deltamas dan beberapa lainnya tengah melakukan negosiasi.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com