Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Radiant Utama Interinsco Tbk. Foto: IST

PT Radiant Utama Interinsco Tbk. Foto: IST

Radiant Tertarik Garap Bisnis Pembangkit Listrik

Kamis, 16 September 2021 | 20:34 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Radiant Utama Interinsco Tbk (RUIS) sedang menjajaki ekspansi bisnis baru produsen listrik swasta Independent Power Producer (IPP). Sedangkan raihan kontrak baru perseroan hingga akhir Juni 2021 telah mencapai Rp 331,1 miliar atau setara dengan 33% dari target minimal tahun 2021 mencapai Rp 1 triliun.

Direktur Utama Radiant Sofwan Farisyi mengatakan, perseroan sedang melakukan penjajakan dengan beberapa lembaga asal Australia, Singapura, dan juga New Zealand untuk mendapatkan akses pada green bond atau pendanaan yang terkait dengan Environmental, Social dan Good Governance (ESG).

“Kami tidak bisa mencari pendanaan dari perbankan, karena sistem perbankan relatif tidak matching terkait maturity debt dan loan. Selama ini, pinjaman perbankan hanya bertenor 3-5 tahun atau tidak sesuai dengan pembiayaan IPP berjalan 15-20 tahun,” jelasnya dalam paparan publik virtual, Kamis (16/9).

Perseroan juga sedang berdiskusi dengan satu perusahaan perhotelan besar di Bali terkait pengembangan IPP tersebut. Apabila rencana ini terealisasi, IPP Bali bisa menjadi showcase perseroan pada ajang G20 di Indonesia pada tahun 2022.

Sementara itu, Direktur Keuangan Radiant Utama Interinsco Muhammad Hamid mengatakan, kontrak baru tersebut didominasi oleh segmen operating support mencapai 30%. Adapun, sisanya disumbangkan dua segmen lainnya, yakni konstruksi dan jasa inspeksi.

“Kami juga sedang mengikuti sejumlah tender proyek baru segmen minyak dan gas. Total tender yang diikuti oleh mencapai Rp 2,6 triliun,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pandemi Covid-19 berimbas terhadap penurunan jumlah tender yang dibuka pemilik proyek, sehingga berimbas langsung pada realisasi kontrak. Namun demikian, perseroan berharap dalam waktu tiga bulan mendatang, beberapa tender dapat dimenangkan, sehingga target kontrak terealisasi tahun ini.

“Pada dasarnya, kami mengikuti tender tersebut sebagai eksisting kontraktor, sehingga kami yakin bisa memenangkan tender, karena sudah berpengalaman,” ujarnya.

Hingga semester I-2021, perseroan membukukan pendapatan sebanyak Rp 757,60 miliar atau terkoreksi 7,88% dari raihan periode sama tahun sebelumnya Rp 822,45 miliar. Laba bersih perseroan juga terpangkas 40,29% menjadi Rp 11 miliar dari Rp 18,43 miliar.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com