Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Data Center. Foto: IST

Data Center. Foto: IST

Bangun Data Center, Grup Salim Cari Pinjaman US$ 500 Juta

Jumat, 17 September 2021 | 06:45 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Grup Salim dikabarkan tengah mencari pinjaman sebesar US$ 500 juta untuk membangun dan mengoperasikan pusat data (data center).

“Perusahaan yang berbasis di Jakarta ini sedang melakukan pembicaraan dengan bank untuk memperoleh pinjaman sekitar US$ 500 juta untuk membiayai infrastruktur digital," kata sumber yang mengetahui hal itu, seperti dilansir Bloomberg, Kamis (16/9).

Para operator data center nantinya akan mengelola klien seperti penambang cryptocurrency. Sumber tersebut juga mengatakan, perusahaan yang berbasis di Jakarta ini akan menginvestasikan sekitar US$ 100 juta untuk pengembangan data center di kawasan industrinya.

Sementara itu, perusahaan data center, PT DCI Indonesia Tbk (DCII) pada Juni lalu mengumumkan bahwa pihaknya sedang membangun H2, yaitu data center berskala besar di kawasan industri milik Grup Salim. Di DCI, Anthoni Salim memiliki 11% saham.

Terkait hal tersebut, Corporate Secretary DCI Nicholas Suharsono mengatakan, perseroan fokus pada persiapan pengoperasian H2. Selain itu, DCI akan berkolaborasi lebih jauh dengan Grup Salim di sektor konstruksi dan pengoperasian data center di kawasan industri milik Grup Salim.

Sebelumnya, Anthoni Salim Group juga menjajaki kerja sama ekosistem digital dengan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) atau Emtek. Aliansi bisnis tersebut akan menciptakan sinergi dan pertumbuhan bagi kedua grup.

Mewakili Anthoni Salim Group, Axton Salim meyakini kerja sama ini bisa memberikan dampak positif. “Kami melihat ekspansi usaha digital di ekosistem Emtek yang sangat pesat dan yakin bahwa dengan potensi kolaborasi strategis ini akan berdampak positif bagi pengembangan usaha kedua grup ke depan," kata dia dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Direktur Utama Emtek Alvin Sariaatmadja mengatakan, Anthoni Salim Group merupakan salah satu pemegang saham yang mendukung upaya pengembangan Emtek sejak awal. Adapun porsi kepemilikan Anthoni Salim di Emtek mencapai 9%.

Emtek beruntung memiliki mitra yang merupakan salah satu grup yang paling berhasil dalam mengembangkan berbagai bidang usahanya di kancah internasional. "Dukungan dari ekosistem teknologi dan digital yang dimiliki oleh Anthoni Salim Group akan meningkatkan daya saing Emtek Group dalam mengembangkan usahanya yang telah lebih difokuskan dalam industri berbasis teknologi. Kami juga berharap kerja sama ini dapat meningkatkan perekonomian Indonesia baik secara makro maupun mikro," kata Alvin.

Adapun infrastruktur teknologi yang dimiliki oleh Anthoni Salim Group akan mendukung platform teknologi Emtek. Anthoni Salim Group memiliki berbagai usaha yang menjadi pemimpin pasar domestik dan internasional.

Grup ini sukses membesarkan berbagai bisnis offline seperti bisnis distribusi, transportasi, dan ritel terbesar di Indonesia. Selain itu, Anthoni Salim memiliki infrastruktur teknologi dan digital yang komprehensif serta berbagai platform bisnis digital.

Sementara, Emtek Group merupakan grup media yang melakukan transformasi bisnis secara agresif, khususnya dalam pengembangan berbagai platform digital dan teknologi. Di lini bisnis media dan hiburan, Emtek berhasil mengelola berbagai platform media.

Di bidang teknologi lainnya, Emtek juga memiliki jaringan all-commerce Bukalapak dengan lebih dari 100 juta pengguna dan memiliki jaringan lebih dari 7 juta mitra Bukalapak. Kemajuan usaha Bukalapak juga semakin meningkatkan pengembangan UMKM di Indonesia.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN