Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL). Foto: Metrofata

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL). Foto: Metrofata

Metrodata Electronics Investasi US$ 500 ribu di Start-Up Sayurbox

Rabu, 22 September 2021 | 21:35 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) menandatangani perjanjian investasi dengan perusahaan asal Singapura yakni Kulawarga Asia Pte. Ltd atau biasa dikenal dengan Sayurbox. Nilai investasi antara kedua perusahaan tersebut sebanyak US$ 500 ribu.

Corporate Secretary Randy Kartadinata menjelaskan, dalam perjanjian tersebut, pihak perseroan dalam akan mendapatkan kepemilikan saham di Sayurbox dalam kurun waktu tertentu, sesuai dengan jumlah dan persentase saham berdasarkan perhitungan yang diatur di dalam perjanjian investasi. Penandatangan perjanjian ini telah diselesaikan pada 20 September 2021.

“Nilai investasi sebesar US$ 500 ribu merupakan investasi pendahuluan pada tahap Bridge Round di Sayurbox,” jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (22/9).

Sayurbox. Foto: IST.
Sayurbox. Foto: IST.

Randy menambahkan,  perjanjian investasi kedua belah pihak merupakan pengumpulan dana/capital fund raising yang akan digunakan untuk membiayai kegiatan operasional Sayurbox dan anak usahanya dalam bidang e-groceries.

Sayurbox sendiri, merupakan perusahaan berbadan hukum di Singapore yang mempunyai kepemilikan saham mayoritas di PT Kreasi Nostra Mandiri dan PT Kreasi Tani Laksmi yang menjalankan kegiatan usaha penjualan retail dan distribusi sayur, buah, daging dan kebutuhan sehari-hari melalui media platform elektronik. Sayurbox sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2017

“Tidak ada dampak operasional dalam investasi di Sayurbox, mengingat Sayurbox dikelola secara mandiri oleh Kulawarga Asia Pte. Ltd dan entitas anaknya dan perseroan tidak terlibat dalam pengelolaannya,” ujarnya.

Terselesaikannya perjanjian ini, Metrodata Electronics memiliki kewajiban untuk menyetorkan dana investasi kepada Sayurbox, dimana sebagai timbal balik di waktu tertentu perseroan akan mendapatkan kepemilikan sejumlah saham di Sayurbox dengan metode pengeluaran saham baru.

Dengan Investasi tersebut, lanjut Randy, perseroan dapat mengembangkan bisnis melalui investasi di perusahaan startup yang berbasis digital yang telah teruji, bertumbuh secara baik, dan memiliki customer base yang besar.

“Tujuan dari investasi ini adalah sejalan dengan strategi besar dari Perseroan untuk terlibat secara penuh dalam Transformasi Digital di Indonesia,” pungkasnya.

Sebelumnya, Metrodata Electronics juga melakukan hal yang sama dengan menandatangani kesepakatan subscription agreement dengan nilai sebesar US$ 500 ribu. Dalam investasi ini, MTDL bermitra dengan Arise Fund sebagai fund entity dan Metra Digital Innovation Pte Ltd (MDI) sebagai fund manager.

Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) Susanto Djaja mengatakan, perseroan siap memperluas langkahnya untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan start-up dengan prioritas di Indonesia.

“Dana sebesar US$ 500.000 akan disetorkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan investasi yang akan dilakukan berdasarkan Capital Call dari Arise Fund,” kata Susanto.

Susanto menambahkan, investasi yang dilakukan perseroan ini sejalan dengan strategi besar Metrodata untuk terlibat secara penuh dalam transformasi digital di Indonesia. Ke depan, tidak menutup kemungkinan perseroan akan melakukan investasi lebih lanjut dan memperoleh nilai tambah investasi pada perusahaan yang telah diinvestasikan oleh Arise Fund dan MDI.

Untuk diketahui, hingga saat ini perseroan telah membantu memasarkan dan mendistribusikan solusi karya anak bangsa atau start-up, membangun kemitraan dengan vendor lokal, yang juga sejalan dengan visi Pemerintah untuk mewujudkan Indonesia 4.   

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN