Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Mitra Pinasthika Mustika. Foto: beritasatu.com

PT Mitra Pinasthika Mustika. Foto: beritasatu.com

Pasar Pulih, MPMX Optimistis Pendapatan Tumbuh 25%

Rabu, 29 September 2021 | 05:17 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) optimistis pendapatan pada akhir tahun 2021 akan bertumbuh sebanyak 20-25%. Sejalan, dengan pasar yang semakin baik dan berangsur pulih di semester pertama 2021.

GM Corporate Communication & Sustainability Mitra Pinasthika Mustika Natalia Lusnita menjelaskan, sejauh ini kinerja perseroan masih on track dan untuk mencapai target, secara konsisten perseroan akan terus memastikan cost leadership dan peningkatan produktivitas.

“Salah satunya, dengan digitalisasi dan memastikan pertumbuhan positif arus kas operasional yang diimplementasikan secara terus menerus di seluruh segmen bisnis,” jelasnya kepada Investor Daily, Selasa (28/9).

Natalia menambahkan, target  juga akan ditopang oleh inisiatif digital yang sedang terjadi di semua segmen bisnis. Pertama, pada segmen distribusi dan ritel, perseroan melakukan Integrasi aplikasi untuk layanan servis dan purna jual.

Kemudian, di segmen transportasi, perseroan mengandalkan platform lelang online untuk meningkatkan kualitas dan transparansi proses lelang, sehingga berdampak secara langsung terhadap margin.

“Lalu dari segmen asuransi, inisiatif pada proses klaim secara online untuk pelanggan dan sistem pemantauan proses bisnis yang lebih terintegrasi. Hal ini, akan menambah daya saing untuk kepuasan pelanggan dan percepatan dalam proses claiming insurance,” ujarnya.

Terbaru, salah satu bentuk inisiatif pada digital untuk memperkuat daya saing yakni dengan meluncurkan platform inovatif bernama OtoDeals pada Rabu (22/09) lalu secara virtual. Berdasarkan informasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), rasio kepemilikan mobil di Indonesia rendah ketimbang negara Asia Tenggara lainnya, yaitu 99 unit per 1.000 penduduk.

Kehadiran OtoDeals dapat membantu dan memberikan akses bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan mobil yang sesuai dengan budget dan kebutuhan, namun tetap berkualitas. Pun, meramaikan pasar mobil bekas di Indonesia yang masih sangat diminati.

Di sisi lain, perseroan optimistis dengan dengan berangsur pulihnya perekonomian yang berimbas positif pada kinerja. Tercermin, dari pertumbuhan kinerja MPMX yang menunjukan tren perbaikan pada semester pertama 2021. Segmen distribusi dan ritel perseroan berhasil mencatatkan kenaikan sebesar 21% jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2020.

Kemudian, pada segmen transportasi juga alami hal yang sama dengan menunjukkan peningkatan sebesar 3% dibandingkan tahun lalu, terutama dari peningkatan hasil dari bisnis penjualan mobil bekas yang semakin membaik.

“Masih pada periode yang sama, segmen asuransi kami juga memberikan kinerja yang memuaskan melalui pertumbuhan gross premium sebesar 31%, dan dari entitas asosiasi kami juga terjadi kenaikan dalam gross profit sebesar 5% dan penurunan tingkat NPL sebesar 2,5%,” kata dia.

Sementara itu, dari segi belanja modal, MPMX diketahui menganggarkan capital expenditure/capex beriksar di Rp 600-700 miliar. Hingga semester pertama, capex telah digunakan sekitar 50% untuk pembelian unit kendaraan baru untuk bisnis rental MPMRent.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN