Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Penggelaran Fiber Optik

Penggelaran Fiber Optik

Weave Luncurkan Layanan Konektivitas Terintegrasi

Senin, 4 Oktober 2021 | 11:04 WIB
Lona Olavia

BANDUNG, investor.id – PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge melalui anak usahanya, PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave), meresmikan layanan terbaru konektivitas terintegrasi, yaitu Weave Connect. Hal ini menandai dimulainya pemanfaatan jaringan serat optik yang dibangun oleh Weave yang memposisikan diri sebagai Neutral Carrier Provider and Collaborator.

CEO Surge Hermansjah Haryono mengungkapkan, momen ini merupakan momen bersejarah bagi Surge, Weave, dan juga Indonesia yang menandakan dimulainya era konektivitas berkecepatan tinggi dengan tingkat keamanan yang handal serta harga yang sangat terjangkau. Perseroan berterimakasih kepada seluruh pihak yang berperan dalam penyelesaian section pertama proyek ini baik PT KAI (Persero), PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave), Huawei Indonesia, Furukawa, Packetlight, konsorsium kontraktor, dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Semoga layanan Weave Connect bisa menjadi solusi atas kebutuhan konektivitas handal bagi para pelaku bisnis dan masyarakat luas di Indonesia dan memberi nilai tambah bagi perekonomian Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (4/10).

Seperti yang diketahui, perusahaan mempercepat penyelesaian pembangunan infrastruktur jaringan serat optik sepanjang 2.800 kilometer untuk menjawab kebutuhan yang meningkat akan konektivitas dengan kecepatan tinggi. Dengan kapasitas awal terpasang mencapai 5,6 terabit per detik (Tbps) dan potensi kapasitas maksimum mencapai 32 Tbps, pembangunan jaringan infrastruktur serat optik pada sepanjang jalur rel kereta api ini menjadi salah satu alternatif yang menjanjikan bagi perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia ke depan. Saat ini perusahaan telah menyelesaikan segmen pertama pembangunan jaringan infrastruktur serat optic, yaitu Jakarta- Bandung dan Jakarta-Bogor. Rencananya keseluruhan jaringan sepanjang Pulau Jawa akan terselesaikan pada Desember 2021.

Pengembangan jaringan serat optik sepanjang jalur rel kereta api ini, jelasnya, memiliki risiko gangguan yang sangat minim karena dibangun di area steril. Hal ini mendukung jaringan infrastruktur yang lancar, berkapasitas bandwidth besar, serta kestabilan konektivitas dengan latency yang rendah. Selain itu, infrastruktur jaringan ini juga menggunakan perlindungan enam Ring dan teknologi teranyar, yaitu sistem Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM) dengan di dukung tiga perangkat transport DWDM dalam semua Ring Network Weave sebagai support redundancy, dan Auto Switched Optical Network sebagai bagian dari proteksi jaringan yang handal.

Di lain pihak, perusahaan konektivitas infrastruktur digital yang mengusung konsep solusi-preneur atau enabler dari transformasi digital tersebut juga meluncurkan aplikasi yang dapat menjadi solusi bagi para pemilik usaha Internet Service Provider (ISP). Dengan aplikasi ini, seluruh pelanggan dari ISP yang bekerjasama dengan Weave akan dapat tetap menikmati layanan konektivitas berkecepatan tinggi dari Merak hingga Banyuwangi secara terintegrasi. Fitur yang dihadirkan ini tentu menjadi potensi bagi seluruh ISP lokal untuk dapat berkolaborasi bersama Weave dalam memajukan ekosistem digital di Indonesia melalui penyediaan jaringan yang handal.

Ditambahkannya, Surge juga tengah merampungkan kerjasama dengan PT Festival Citra Lestari (Genflix) yang merupakan layanan streaming konten digital atau over-the-top berlangganan yang terdiri dari live channel dan video-on- demand. Dengan kerja sama yang akan dicapai ini diharapkan dapat lebih memperkuat pilar bisnis Media and Entertainment yang selama ini dimiliki oleh Surge dalam menyediakan hiburan berkualitas melalui konektivitas handal.

Editor : Retno Ayuningtyas (retno.ayuningtyas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN