Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
CEO & Co-Founder PT Satu Global Investama Calvin Lutvi (kanan) berbincang dengan  Managing Director PT Satu Global Investama Wilma Willantara usai diskusi dengan media di Jakarta,   Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

CEO & Co-Founder PT Satu Global Investama Calvin Lutvi (kanan) berbincang dengan Managing Director PT Satu Global Investama Wilma Willantara usai diskusi dengan media di Jakarta, Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Akhir Tahun, Ada Klub Sepak Bola Liga 1 yang akan IPO

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - PT Satu Global Investama (SGI), perusahaan financial advisor dan investment, yang membiayai Pre-IPO financing sampai listing tengah merampungkan persiapan calon emiten baru, salah satu klub sepak bola liga 1 untuk dapat melantai di bursa saham Indonesia pada kuartal IV-2021. Hal ini merupakan realisasi dari rencana perusahaan dalam mendukung kemajuan industri sepak bola di Indonesia.

"Klub sepak bola ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia dan memiliki prestasi serta supporter yang banyak. Untuk rencana Initial Public Offering (IPO) klub akan melepas saham sebesar 25-30% saham ke publik, di mana nilai valuasi klub mencapai Rp 1,2 triliun. Kami meyakini publik akan menyambut baik rencana klub melantai di bursa saham, terlebih kompetisi Liga 1 telah dimulai sejak bulan Agustus 2021 dan masyarakat sangat antusias serta sudah dapat menikmati pertandingan sepak bola Liga 1 Indonesia. Karena kita tahu, olahraga sepak bola sangat digemari oleh masyarakat Indonesia,” kata CEO & Co-Founder Satu Global Investama Calvin Lutvi, dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/10).

Berdasarkan survei yang dirilis oleh Nielsen pada bulan September tahun 2020, olahraga sepak bola menempati urutan kedua sebagai olahraga terpopuler di Indonesia, yaitu sebanyak 68% masyarakat Indonesia menggemari sepak bola. Di peringkat pertama ditempati oleh bulu tangkis sebesar 71%. Hal ini diimbangi dengan data yang dikeluarkan oleh Global Football Digital Benchmark 2020, di mana terdapat enam klub sepak bola Liga 1 Indonesia yang memiliki pengikut terbanyak di sosial media.

“Dengan antusiasme yang tinggi serta penggemar dengan jumlah sangat banyak, tentunya peningkatan kualitas sepak bola di Indonesia menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Klub sepak bola Liga 1 yang akan kami bawa IPO ini memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas klub agar dapat terus bersaing di puncak klasemen Liga Indonesia. Adapun penggunaan dana dari hasil IPO akan digunakan untuk kebutuhan utama klub, yaitu renovasi stadion & training centre, membeli pemain-pemain terbaik yang memiliki potensi besar, membangun mes pemain, serta membuka outlet-outlet merchandise di beberapa kota.” ungkap Calvin.

Melansir situs Bursa Efek Indonesia, di mana klub sepak bola yang menjadi public listed company akan memiliki banyak keuntungan yang, di antaranya mendapatkan pendanaan dari publik, mendapatkan insentif penurunan tarif pajak PPh Badan sebesar 3%, jika porsi kepemilikan publik lebih dari 40%.

Selanjutnya akan meningkatkan exposure dari media, analis, investor, dan pihak-pihak lainnya. Selain itu akan meningkatkan profitabilitas atau efisiensi, serta memperkuat tata kelola perusahaan.

Sebelumnya pada tahun 2019, Bali United merupakan klub sepak bola Liga 1 pertama yang berhasil mencatatkan namanya di bursa saham Indonesia dan telah terlihat perkembangan positif yang ditunjukkan oleh klub. Untuk itu, sambung Calvin, klub yang akan dibawa melantai ini akan menjadi klub kedua di Indonesia yang dapat melantai di bursa saham Indonesia.

”Kami meyakini banyak manfaat yang akan didapat tidak hanya oleh klub itu sendiri, namun para fans sepak bola turut senang diberi kesempatan sebagai pemilik klub dengan membeli saham klub yang dicintainya, sehingga ikatan antara klub dengan fans akan semakin erat,” pungkasnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN