Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Ciputra Development Tbk (CTRA). Foto: Perseroan.

PT Ciputra Development Tbk (CTRA). Foto: Perseroan.

Menaikkan Target Kinerja Ciputra Development

Jumat, 29 Oktober 2021 | 14:48 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - PT Ciputra Development Tbk (CTRA) menunjukkan pertumbuhan prapenjualan (marketing sales) yang pesat hingga kuartal III-2021. Kondisi itu diperkirakan berlanjut hingga akhir tahun ini, sehingga proyeksi kinerja keuangan perseroan 2021 layak untuk direvisi naik.   

Samuel Sekuritas merevisi naik proyeksi kinerja keuangan Ciputra Development tahun 2021 dan 2022. Proyeksi pendapatan tahun ini dinaikkan menjadi Rp 8,41 triliun dari Rp 7,13 triliun. Laba bersih dinaikkan menjadi Rp 1,71 triliun dari Rp 992 miliar.

Adapun tahun lalu, perseroan meraup pendapatan dan laba bersih masing-masing Rp 8,07 triliun dan Rp 1,32 triliun.

Tahun depan, proyeksi laba bersih perseroan juga dinaikkan menjadi Rp 2,01 triliun dari Rp 992 miliar. Pendapatan dinaikkan menjadi Rp 8,65 triliun dari Rp 6,97 triliun. EBITDA juga direvisi naik menjadi Rp 2,88 triliun dari Rp 2,26 triliun.

harga saham CTRA dalam satu dekade terakhir
harga saham CTRA dalam satu dekade terakhir

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Olivia Laura Anggita mengungkapkan, Ciputra Development berhasil membukukan peningkatan marketing sales sebesar 33% menjadi Rp 5 triliun hingga kuartal III-2021.

Pencapaian itu merefleksikan 86% dari target tahun ini yang mencapai Rp 5,9 triliun.

Kontribusi terbesar marketing sales berasal dari penjualan residensial mencapai 81%.

“Dengan rencana perseroan kembali meluncurkan lima produk residensial pada kuartal terakhir tahun ini, target marketing sales perseroan diperkirakan tercapai. Hal ini mendorong kami untuk merevisi naik target kinerja keuangan perseroan,” tulis Olivia dalam risetnya.

Marketing sales perseroan pada kuartal III-2021 terutama ditopang oleh penjualan stok residensial ditambah peluncuran tiga kalster perumahan baru di Batam, Tangerang, dan Sentul. Sedangkan marketing sales dari segmen ruko dan apartemen meningkat masing-masing sebesar 209% dan 281% dari periode sama tahun lalu.

Citraland, salah satu mal dan hotel terpadu milik PT Ciputra Development Tbk (CTRA). Foto:  BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal
Citraland, salah satu mal dan hotel terpadu milik PT Ciputra Development Tbk (CTRA). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Untuk peluncuran lima produk baru pada kuartal terakhir tahun ini, Ciputra Development akan menawarkan unit-unit di sejumlah klaster dengan harga di bawah Rp 2 miliar, sehingga konsumen dapat memanfaatkan insentif PPN DTP hingga akhir tahun ini. Produk-produk baru tersebut, yang memiliki konsep ruang hijau di setiap unit, berlokasi di Tangerang, Sentul, Banten, Surabaya (375 unit rumah dengan harga Rp 980 juta-1,7 miliar), serta Medan (dengan gross development value mencapai Rp 450 miliar).

Kinerja keuangan perseroan, menurut Olivia, juga bakal didukung oleh pulihnya tingkat okupansi mal milik Ciputra Development yang telah mencapai 90-100%. Diskon biaya sewa di mal juga sudah mulai dihapus, seiring dengan penurunan kasus Covid-19.

“Perseroan juga akan membangun empat mal baru di Surabaya, Medan, Makassar, dan area Jabodetabek. Sejumlah aksi ini diharapkan mendorong pertumbuhan laba bersih perseroan tahun ini sebesar 31% dan 23% pada 2022,” jelasnya.

Berbagai faktor tersebut mendorong Samuel Sekuritas untuk merevisi naik target harga saham CTRA dari Rp 1.100 menjadi Rp 1.360, dengan rekomendasi dipertahankan beli. Target harga tersebut merefleksikan diskon 60% terhadap NAV dan perkiraan PBV 1,3 kali pada 2022.

Ringkasan kinerja keuangan Ciputra Development
Ringkasan kinerja keuangan Ciputra Development

Sementara itu, analis BRI Danareksa Sekuritas Victor Stefano dalam risetnya memberikan pandangan positif terhadap kinerja keuangan Ciputra Development, setelah membukukan peningkatan laba bersih hingga semester I-2021, meski belanja operasional perseroan meningkat.

Sedangkan marketing sales perseroan tahun ini diperkirakan mencapai Rp 6,5 triliun atau lebih tinggi dari perkiraan manajemen yang senilai Rp 5,9 triliun. Perseroan juga diperkirakan mulai mencatat peningkatan keuntungan dari bisnis hospitality tahun ini. Namun, peningkatan belanja operasional menjadi tantangan bagi perseroan tahun ini.

Pada kuartal II-2021, belanja operasional perseroan meningkat 9%. Belanja operasional tersebut juga menunjukkan kenaikan 33% dari kuartal I-2021. Sedangkan tingginya penjualan rumah tapak menjadi faktor utama margin keuntungan perseroan tetap terjaga.

BRI Danareksa Sekuritas mempertahankan rekomendasi beli saham CTRA dengan target harga Rp 1.450. Target harga tersebut merefleksikan PBV tahun ini seitar 0,9 kali. Target tersebut telah mempertimbangkan diskon terhadap NAV perseroan dalam lima tahun terakhir.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN