Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Raiz Invest

Raiz Invest

Gandeng Trimegah Asset Management, Raiz Invest Mulai Pasar Reksa Pendapatan Tetap

Rabu, 10 November 2021 | 16:43 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Raiz Invest Indonesia mulai memasarkan produk reksa dana pendapatan tetap, yakni Reksa Dana Trimegah Fixed Income Plan (TFIP). Produk ini merupakan hasil kerjasama perseroan dengan PT Trimegah Asset Management.

Sejak diluncurkan tahun 2019 hingga September 2021, produk ini berhasil mencetak tingkat pengembalian (return) 17,95%. Return tersebut masih lebih tinggi, dibandingkan dengan benchmark-nya, yaitu rata-rata tingkat deposito berjangka 6 bulan dengan return 10,30% pada periode yang sama.

Reksa dana tersebut memliki underyling asset berupa obligasi korporasi bertenor 2-3 tahun dengan peringkat minimal A atau di atas level layak investasi (investment grade).

“Obligasi yang dipilih bertenor 2-3 tahun atau lebih pendek dibandingkan tenor obligasi pada umumnya 3-5 tahun. Hal ini membuat gejolak TFIP lebih rendah, karena volatilitas TFIP lebih terbatas, dibandingkan reksa dana yang berinvestasi pada obligasi tenor panjang,” ujar Investment Specialist Raiz Invest Indonesia Satrio Norojono, Rabu (10/11).

TFIP memiliki pendapatan berkala berupa penghasilan hasil investasi yang diperoleh dari pembayaran kupon bunga obligasi yang akan diterima nasabah setiap kuartal. Dengan minimal investasi Rp 100 ribu, investor TFIP dapat menerima hasil investasi yang berasal dari kupon obligasi dengan potensi sekitar 1% setiap kuartal atau sekitar 4% setiap tahun.

Lalu, investor juga bisa menikmati manfaat asuransi jiwa gratis dengan nilai uang pertanggungan hingga Rp 1 miliar. Layanan ini bisa diperoleh khusus bagi investor TFIP yang total investasinya sudah di atas Rp 10 juta atau langsung membeli TFIP di atas Rp 10 juta.

Layanan asuransi TFIP disediakan oleh PT Avrist Assurance tanpa dikenakan biaya premi tambahan serta tanpa memotong nilai investasi reksa dana nasabah. “Karena itulah, dengan nilai investasi awal minimal yang lebih terjangkau yaitu Rp 100 ribu, investor dapat berkesempatan memiliki asuransi jiwa yang biasanya harus disertai pembayaran iuran premi dalam jumlah besar, misalnya di atas Rp 500 ribu per bulan,” tutur Satrio.

Dia juga mengingatkan bahwa untuk berinvestasi pada TFIP, nasabah dapat memanfaatkan fitur investasi berkala pekanan dan bulanan, round-ups dari pembulatan selisih aktivitas belanja, dan investasi satu waktu yang seluruhnya tersedia di aplikasi Raiz Invest Indonesia.

Selain tiga keuntungan investasi tadi, Satrio mengatakan nasabah Raiz Invest Indonesia berpeluang mendapatkan keuntungan tambahan berupa konsultasi layanan kesehatan (telemedicine) secara gratis dan juga obat gratis sebagai tindak lanjut konsultasi yang sudah dilakukan.

Sementara itu, CEO Raiz Indonesia Fahmi Arya Wicaksana menjelaskan, sejauh ini, perseroan memiliki enam produk investasi yang disesuaikan dengan profil risiko nasabah. Dari produk investasi tersebut, Raiz bisa menjaring sekitar 10 hingga 20 ribu nasabah baru per bulan.

Dengan adanya produk TFIP ini, perseroan berharap bisa menggaet banyak nasabah baru, yakni mencapai 5-10 ribu dari produk TFIP. Perseroan juga akan menjalin kerjasama lain dengan Trimegah Asset Management untuk bisa memperluas basis nasabah. "Kami sebelumnya juga sudah bekerjasama memasarkan produk reksa dana terproteksi yang selama ini banyak dipasarkan melalui bank atau kalangan tertentu saja," terang dia.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN