Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS)

PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS)

Terus Berinovasi, Laba Bersih Kioson Komersial Indonesia Tumbuh 113,4%

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:00 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS) berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 2,2 miliar pada akhir kuartal III-2021 atau tumbuh 113,4% dari catatan kerugian Rp 12,6 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Capaian ini, dapat diraih berkat strategi perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional, restrukturisasi, dan pengembangan bisnis.

Presiden Direktur KIOS Andrew, selama kuartal ketiga tahun ini, untuk menangkap peluang dan pertumbuhan bisnis, KIOS menjalin kemitraan strategis dengan YELO untuk meletakkan dasar bagi teknologi Metaverse, yang setelah dikembangkan penerapan teknologi ini akan sangat dibutuhkan oleh populasi demografis muda Indonesia.

PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS)
PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS)

Untuk diketahui, belum lama ini pihak dari PT Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO) menggandeng Kioson Komersial Indonesia guna membangun infrastruktur digital untuk percepatan penerapan dan penggunaan teknologi Metaverse di Indonesia.

Metaverse dapat menjadi pasar yang nilainya mencapai US$ 8 triliun sekaligus berpotensi menjadi platform media sosial, streaming, dan game generasi berikutnya. Melihat peluang tersebut, akses internet cepat dengan biaya terjangkau akan menjadi kebutuhan.

“Ini selaras dengan komitmen perseroan dalam membangun ekosistem pergudangan berbasis teknologi sehingga dapat mendukung UMKM di Indonesia melalui Metaverse dan infrastruktur smartware house milik Kioson. Melalui perpaduan infrastruktur internet cepat YELO dan Smart Gudang KIOS, UMKM akan dipersiapkan serta dilatih untuk menghadapi transisi ke teknologi online di masa akan datang,” kata dia.

PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS)
PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS)

Sebelumnya, KIOS juga telah berkolaborasi dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge) dalam meluncurkan layanan iklan digital guna melengkapi ekosistem digital yang lebih terintegrasi.

Lebih lanjut, sampai September 2021, selain berhasil mempertahankan pertumbuhan laba bersih, laba kotor Perusahaan turut mengalami peningkatan sebesar 87,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi Rp 10 miliar. Sementara dari sisi penjualan, perusahaan mencatatkan Rp 274 miliar.

“Kontribusi pendapatan terbesar Perusahaan berasal dari Iklan dan E-commerce yang melesat tumbuh sepanjang tahun ini,” ujarnya.

PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS)
PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS)

Direktur KIOS Ornela Bartin menambahkan, sepanjang tahun 2021 KIOS menargetkan laba bersih Rp 6 miliar dengan bertransformasi menjadi platform ekosistem berbasis gudang yang terintegrasi, dengan pembentukan dua anak perusahaan sebagai platform berbasis Gudang, yaitu Gudang Pintar dan Retail Kita. 

Untuk menjadi platform ekosistem gudang terintegrasi terbesar, KIOS melalui kemitraan dengan Koperasi dan UMKM memiliki lebih dari 13.000 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Hingga November 2021, KIOS telah membangun lebih dari 96 gudang untuk mendukung layanan Gudang Pintar dan Retail Kita. KIOS bertujuan untuk membangun 1.000 gudang pada akhir 2022,” pungkasnya.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN