Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM).

PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM).

Selamat Sempurna Bidik Kenaikan Penjualan 15% di 2022

Minggu, 5 Desember 2021 | 18:54 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) membidik pertumbuhan penjualan sebesar 15%. Target tersebut direalisasikan dengan sejumlah strategi peningkatan produktivitas melalui otomatisasi produksi.

Perseroan juga telah menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) Rp 100 miliar guna mendukung otomatisasi produksi yang ujungnya menopang peningkatan penjualan tahun 2022.

Chief Financial Officer Selamat Sempurna Ang Andri Pribadi mengatakan, omatisasi proses produksi diharakan berimbas terhadap peningkatan produktivitas dan efisiensi biaya produksi.

“Oleh karena itu, belanja modal tersebut nantinya digunakan perseroan untuk maintenance, seperti line balancing, penggantian mesin, pembaharuan mesin, otomatisasi,” jelasnya kepada Investor Daily, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Andri menambahkan, rencana kerja itu sejalan dengan kondisi bisnis dan pemulihan ekonomi yang terus berjalan dengan baik. Bahkan, tahun depan, perseroan menargetkan penjualan bertumbuh berkisar 10 -15%. “Pendorong utama adalah pasar ekspor yang masih sangat besar potensinya,” ujarnya.

Berdasarkan paparan publik perseroan beberapa waktu lalu, Andri mengatakan, perseroan kini mengeluarkan produk baru, yakni Hepa Filters dan Air Purifier. Hal itu sejalan dengan industri filter merupakan produk lama yang sudah ditekuni perseroan.

Meski penjualan Hepa masih membutuhkan waktu karena mempunyai distribusi yang berbeda, namun penjualan air purifier mulai awal tahun ini menunjukkan perkembangan positif karena terkait pandemi. Bahkan kini produk tersebut sudah berkembang menjadi tiga tipe.

Selain itu, perusahaan utama Grup ADR ini juga sedang menggalakan replacement filter untuk Air Purifier bukan hanya yang bermerk Sakura, tetapi juga merk-merk terkenal lainnya.

“Kami melihat permintaan produk ini sangat besar, seiring meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, terutama kebersihan udara, sehingga penjualannya memperlihatkan pertumbuhan baik,” kata dia.

Terkait produksinya, Andri mengungkapkan, perseroan tidak berniat melakukan peningkatan produksi. Namun, perseroan sedang melakukan shifting dari otomotif menuju heavy equipment secara berkesinambungan. Meski jumlah produksi tidak meningkat signifikan akibat volume yang diproduksi tidak banyak, namun value produk menjadi lebih tinggi.

Sebelumnya, manajemen Selamat Sempurna memprediksi penjualan sepanjang 2021 akan meningkat 20% dan laba 15%. Hadirnya produk seperti Hepa filters dan Air Purifier semakin menambah sinyal positif. “Sampai 2021 ini, kami perkirakan pada full year penjualan akan meningkat 20% dan laba bersih sekitar 15%, “ pungkasnya.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN