Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
 PT Berlina Tbk. Foto: Perseroan.

PT Berlina Tbk. Foto: Perseroan.

Optimistis Kinerja Tumbuh 2022, Berlina Kembangkan Sejumlah Proyek

Rabu, 15 Desember 2021 | 21:42 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor,id — PT Berlina Tbk (BRNA) optimistis kinerja pada tahun 2022 akan tumbuh seiring dengan meningkatnya permintaan dari setiap segmen bisnis perseroan pada kuartal IV-2021. Perseroan pun tengah mengembangkan sejumlah proyek baru untuk mendongkrak kinerja.

Proyek yang tengah perseroan jalani yakni Bi-injection cap untuk Danone-Aqua. Proyek baru ini telah memasuki tahap komersial, dimana Bi-injection cap untuk Danone-Aqua sudah berproduksi pada kapasitas penuh.

Advertisement

Perseroan akan melanjutkan proyek ini dengan nama Bi-injection cap untuk Danone-Aqua (Capshield project#2) yang akan menggandakan bisnis pada segmen ini.

“Di kuartal IV-2021, perusahaan mengalami kenaikan permintaan hampir di seluruh segmen, terutama untuk proyek baru seperti Aqua, permintaannya itu naik signifikan setelah kuartal IV-2021,” ujar Presiden Direktur Berlina Pujihasana Wijaya dalam webinar, Rabu (15/12).

Perseroan juga mengalami peningkatan  pada segmen plastik daur ulang (Post-Consumer Recycle/PCR) secara signifikan pada entitas anak yakni Natura Plastindo. Terbatasnya pengumpulan sampah plastik dari pasar lokal menjadi tantangan bagi perseroan untuk mendukung Sustainability Program.

Menurut Pujihasana, untuk mengatasi kebutuhan peningkatan sampah plastik, perseroan saat ini meningkatkan komunikasi dengan menggaet para bank sampah di berbagai tempat.

“Jadi kita akan bekerjasama dengan bank sampah lokal atau kolektor lokal dan kita saat ini mengembangkan tim yang akan kita sebar di seluruh Indonesia untuk bisa secara aktif kita bisa lebih cepat lagi mengumpulkan sampah plastik,” ujar dia.

Pujihasana meambahkan, meningkatnya permintaan tersebut seiring dengan level PPKM yang sudah mulai menurun di berbagai daerah, sehingga membuat bisnis milik pelanggan pun ikut meningkat. Sebagaimana diktahui, perseroan yang bergerak di bidang packaging memiliki bisnis yang berkaitan dengan penjualan dari keigatan usaha pelanggan.

Untuk mendongkrak kinerja, perseroan juga berencana untuk beirnvestasi unit baru berupa penambahan mesin pada bisnisnya di Tiongkok. Aksi ini dinilai akan meningkatkan kinerja bisnis perseroan yang ada di Negeri Tirai Bambu tersebut pada tahun depan.

Pujihasana mengatakan, mesin tersebut digunakan untuk melayani permintaan di segmen yang selama ini belum pernah dilakukan oleh cabang Tiongkok, yakni botol-botol dengan ukuran baru.

“ Setelah pandemi memang terjadi perubahan tren permintaan untuk ukuran. Jadi kami menyetujui investasi untuk mesin-mesin tersebut,” ujar dia.

Ada pun nilai investasi dari unit baru tersebut sebesar US$ 1,5 juta dan diproyeksikan manikan bisnis perseroan di Tiongkok. Namun demikian, bisnis ini tidak memberikan dampak yang besar terhadap perseroan karena hanya menyumbang sekitar 7% dari performa perusahaan.

Outlook bisnis 2022, perseroan akan berkonsentrasi melayani kebutuhan rencana bisnis para pelanggan kami yang memang juga secara optimis akan mengembalikan pendapatan seperti sebelum pandemi, ini akan diikuti dengan beberapa strategi termasuk pengembangan produk baru untuk mneyambut kebutuhan market yg baru,” ujar dia.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN