Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
ASSA gunakan motor listrik untuk Anteraja

ASSA gunakan motor listrik untuk Anteraja

Terapkan ESG, Adi Sarana Armada (ASSA) MasukIndeks Baru BEI

Selasa, 21 Desember 2021 | 11:05 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id  – PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) berhasil menjadi salah satu anggota indeks baru yang diluncurkan Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI dan ESG Quality 45 IDX KEHATI.

Masuknya ASSA ke Indeks tersebut tidak lepas dari komitmen perseroan yang terus menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam kegiatan operasional perusahaan untuk mencapai bisnis berkelanjutan dan mendukung penerapan SDG (Sustainable Development Goals) baik di lingkup perusahaan maupun di masyarakat.

"Dengan komitmen tersebut, kami berhasil menarik perhatian IFC yang merupakan bagian dari Bank Dunia untuk berinvestasi di ASSA. Mereka melihat, hal ini merupakan nilai tambah dari ASSA dalam menjaga sustainability baik dari sisi keuangan maupun secara kemasyarakatan," jelas Prodjo dalam keterangan resminya, Selasa (21/12).

ASSA pasang listrik tenaga surya
ASSA pasang listrik tenaga surya

Komitmen ASSA dalam menerapkan bisnis berkelanjutan sudah terlihat dalam berbagai upaya yang dilakukan perseroan seperti pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) dengan memasang energi listrik tenaga surya yang dilengkapi system energy export atau import.

"Apabila energi yang dihasilkan tenaga surya lebih besar dari pemakaian perseroan, maka memungkinkan bagi ASSA untuk menjual energi tersebut kepada PLN," imbuh Prodjo.

Selain itu, emiten yang bergerak di bidang mobilitas, logistik, dan penunjangnya ini juga terus mengurangi penggunaan air dan limbah berupa oli bekas, aki bekas, dan ban bekas untuk menghindari kontaminasi lingkungan.

Advertisement

Lebih jauh, ASSA juga menggunakan air daur ulang untuk proses pencucian mobil dan penggunaan motor listrik dalam operasional Anteraja.

Prodjo mengaku, ASSA bersyukur bisa masuk dalam salah satu anggota indeks terbaru BEI yang berbasis ESG. Untuk itu, perseroan bakal terus meningkatkan upaya penerapan aspek ESG dalam setiap kegiatan operasional ke depan. 

"Kami optimistis, dengan semakin berkembangnya isu terkait lingkungan dan penerapan ESG di Indonesia, kesadaran investor dalam memilih investasi berbasis ESG juga akan semakin meningkat. Hal ini diharapkan dapat mendukung kenerja ASSA ke depan, bukan hanya dari sisi finansial, tetapi juga terus memperhatikan dampak lingkungan dan kemasyarakatan,” tutup Prodjo.

Untuk diketahui, ASSA memiliki tiga pilar bisnis utama yaitu bisnis mobilitas (rental kendaraan, jasa pengemudi, car sharing), bisnis jual-beli kendaraan (Lelang-JBA dan Online Marketplace kendaraanCaroline), serta end-to-end logistic (logistik dan kurir ekspress-Anteraja). 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN