Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kegiatan produksi emas. Foto: PT Archi Indonesia Tbk (ARCI)

Kegiatan produksi emas. Foto: PT Archi Indonesia Tbk (ARCI)

Terapkan Sejumlah Inisiatif, Archi Indonesia (ARCI) Optimis Lanjutkan Pertumbuhan di 2022

Rabu, 22 Desember 2021 | 13:42 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id — PT Archi Indonesia Tbk (ARCI) optimistis pertumbuhan bisnis sepanjang tahun 2022, dibandingkan target kinerja keuangan tahun 2021. Optimisme ini didukung atas kemampuan perseroan dalam menjaga kesinambungan bisnis melalui kegiatan eksplorasi, aktivitas penambangan, maupun penjualan pada bisnis hilir.

Berdasarkan keterangan resmi perseroan, Rabu (22/12), sepanjang tahun 2021, perseroan berhasil tumbuh didukung berbagai inisiatif melalui efesiensi biaya demi meningkatkan produktivitas di masa mendatang.

Perseroan juga berhasil membuka pit baru seoanjang 2021, yaitu Pit Alaskar, serta menyelesaikan pengembangan Pit Araren tahap 5. Kedua pit tersebut memiliki kadar emas rata-rata yang tinggi dan diproyeksikan berkontribusi besar terhadap cadangan bijih emas perseroan pada 2022 maupun dalam beberapa tahun mendatang.

Sejumlah inisiatif efisiensi biaya dan peningkatan produktivitas juga terus dilakukan, seperti penambahan armada tambang (mining fleets) yang mencakup 18 truk berkapasitas 100-ton dan 2 ekskavator berkapasitas 120 ton. Perseroan juga telah mengganti kontraktor penambangan untuk aktivitas drill and blast dari PSI dan Orica menjadi Hanwa dan DNX dengan tujuan penghematan biaya penambangan (mining costs).

Kapasitas Emas

Di sisi lain, perseroan telah menyelesaikan proyek pengembangan kapasitas pabrik pengolahan emas sebesar 3,6 juta ton per tahun (mtpa) pada akhir 2020 menjadi 4 mtpa pada akhir 2021.

Kapasitas tersebut ditargetkan kembali naik menjadi 4,8 mtpa pada 2022. Peningkatan ini mencerminkan komitmen Archi dalam melaksanakan rencana bisnis yang telah disampaikan selama penawaran umum perdana (IPO) saham pada pertengahan 2021, yakni peningkatan volume produksi tahunan dan membawa pertumbuhan bisnis yang positif untuk jangka panjang.

“Inisiatif-inisiatif yang dilaksanakan tidak hanya berpotensi meningkatkan throughput penambangan dan produksi kami, namun berpotensi menciptakan efisiensi bahan bakar dan mining costs. Berdasarkan riset internal kami, inisiatif-inisiatif ini diharapkan dapat mendorong efisiensi biaya hingga US$ 30 juta dalam lima tahun mendatang,” ujar Direktur Utama Archi Indonesia Ken Crichton.

Sebagai informasi, bisnis logam emas batangan (gold minted bars) perseroan di bawah kendali entitas patungan (joint venture/JV), PT Elang Mulia Abadi Sempurna (PT EMAS), telah berhasil mencatatkan peningkatan penjualan signifikan selama tahun 2021.

Hingga September 2021, PT EMAS berhasil membukukan peningkatan pendapatan sebanyak 154%, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Tambang tersebut berkontribusi sebesar 3% terhadap pendapatan konsolidasian perseroa.

Ke depan, menurut dia, terbuka potensi pertumbuhan pesat dari pertambangan tersebut dalam beberapa tahun mendatang. Berbagai inisiatif yang dilakukan selama tahun 2021 diharapkan dapat mendukung kesinambungan bisnis perseroan pada 2022 menjadi lebih kuat.

Pertumbuhan perseroan juga bakal didukung atas prospek harga komoditi emas dunia yang cenderung stabil dari waktu ke waktu. Hal ini membuat Archi memiliki posisi diferensiasi portofolio investasi saham, khususnya bagi para pelaku investasi di bursa efek. Archi akan terus menjalankan upayanya secara berkelanjutan untuk dapat senantiasa memberikan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN