Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT PP menandatangani  Sales Purchase Agreement (SPA) sebanyak 35% saham di PT Jasamarga Pandaan Malang Tol. Acara penandatangan SPA bertempat di Kantor PT Jasa Marga (Persero) Tbk Jakarta pada hari Kamis (30/12). Dalam acara penandatanganan tersebut, Novel Arsyad selaku Direktur Utama PTPP mewakili perusahaan dalam penandatanganan SPA tersebut. Acara itu juga dihadiri oleh Wamen II Kementerian BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Presiden Direktur PT Astra Tol Nusantara (ASTRA Infra) Djap Tet Fa, Direktur PT Astra Tol Nusantara (ASTRA Infra) Kris Ade Sudiyono, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur, Direktur PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Darwin Trisna Djajawinata, dan  Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Tol Netty Renova.

PT PP menandatangani Sales Purchase Agreement (SPA) sebanyak 35% saham di PT Jasamarga Pandaan Malang Tol. Acara penandatangan SPA bertempat di Kantor PT Jasa Marga (Persero) Tbk Jakarta pada hari Kamis (30/12). Dalam acara penandatanganan tersebut, Novel Arsyad selaku Direktur Utama PTPP mewakili perusahaan dalam penandatanganan SPA tersebut. Acara itu juga dihadiri oleh Wamen II Kementerian BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Presiden Direktur PT Astra Tol Nusantara (ASTRA Infra) Djap Tet Fa, Direktur PT Astra Tol Nusantara (ASTRA Infra) Kris Ade Sudiyono, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur, Direktur PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Darwin Trisna Djajawinata, dan Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Tol Netty Renova.

SMART RECYCLING ASSET

PTPP Teken SPA Pelepasan 35% Saham Tol Pandaan-Malang

Kamis, 30 Desember 2021 | 20:19 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id -  PT PP (Persero) Tbk (PTPP), perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia, menandatangani akta jual beli saham (sales purchase agreement/SPA) atas kepemilikan 35% saham di PT Jasamarga Pandaan Malang Tol kepada PT Astra Tol Nusantara. Sedangkan nilai transaksinya diperkirakan mencapai Rp 928,77 miliar.

Penandatangan SPA digelar di Kantor PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) di Jakarta, Kamis (30/12). Penandatanganan dihadiri Direktur Utama PTPP Novel Arsyad. Acara tersebut juga dihadiri Wamen II Kementerian BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Presiden Direktur PT Astra Tol Nusantara Djap Tet Fa, Direktur PT Astra Tol Nusantara Kris Ade Sudiyono, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, Direktur PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Darwin Trisna Djajawinata, dan Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Tol Netty Renova.

Advertisement

Novel mengatakan, perseroan sepakat untuk melepaskan seluruh sahamnya di PT Jasamarga Pandaan Malang Tol kepada Astra Tol Nusantara (ASTRA Infra). Perseroan melepas 35% saham kepada ASTRA Infra, yaitu merupakan kelompok usaha yang telah memiliki pengalaman sebagai investor operator di bidang industri infrastruktur selama lebih dari 25 tahun.

Ini Alasan Jasa Marga (JSMR) Divestasi 9% Saham Pengelola Tol Pandaan-Malang

"Aksi korporasi pada penghujung akhir tahun 2021 ini merupakan momentum penting bagi PTPP sesuai dengan program smart recycling asset tahun ini dengan melepaskan 35% porsi kepemilikan saham di JPM. Program smart recycling asset merupakan salah satu strategi yang dicanangkan oleh PTPP sejak awal tahun,” ujarnya dalam penjelasan resminya di Jakarta, Kamis (30/12).

Dia mengatakan, dana segar hasil smart recycling asset Jalan Tol Pandaan Malang tersebut akan digunakan untuk tambahan modal kerja perusahaan dan pengembangan proyek investasi infrastruktur lainnya. “Kami percaya aksi korporasi ini akan memberikan benefit yang baik untuk ASTRA Infra dan PTPP sendiri,” ujar Novel Arsyad.

Selain perseroan, Jasa Marga ikut menandatangani pelepasan sebanyak 9% saham jalan Tol Pandaan-Malang kepada ASTRA Infra. Pelepasan tersebut akan menjadikan kepemilikan saham perseroan di ruas tol tersebut akan turun dari 60% menjadi 51%.

Jasamarga Pandaan Malang Tol merupakan perusahaaan yang bergerak di bidang pengusahaan jalan tol untuk ruas Pandaan-Malang yang dibentuk sejak tahun 2016 dengan ruas panjang tol 38,5 kilometer. Jalan Tol Pandaan Malang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Jawa Timur dan telah beroperasi penuh sejak tahun 2020.

PTPP Tuntaskan Pembangunan Pasar Besar Ngawi Tepat Waktu

Jalan Tol Pandaan Malang dirancang untuk meningkatkan konektivitas di kawasan ini. Selain itu, jalan tol tersebut melintasi tiga wilayah, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Malang. Kehadiran jalan tol tersebut telah memberikan manfaat ekonomi yang tinggi kepada Indonesia khususnya masyarakat di Provinsi Jawa Timur.

Tol tersebut dihubungkan dengan jalan nasional yang sudah ada, bermula dari Pandaan kemudian mengarah ke selatan, yaitu Purwosari, Purwodadi, Lawang, Singosari, Karangko, dan berakhir di Malang. Kehadiran tol ini memudahkan konektivitas bagi masyarakat dan meningkatkan mobilitas logistik sehingga dapat meningkatkan perekonomian di wilayah Jawa Timur khususnya Surabaya, Pandaan, hingga Malang.

Kehadiran jalan tol ini juga dapat meningkatkan potensi destinasi wisata yang dituju di daerah tersebut, seperti mendukung arus mobilisasi orang hingga kebutuhan barang-barang logistik antara Kota Surabaya dan Malang. Jalan tol ini juga semakin membantu memudahkan mobilitas kendaraan sehingga kecepatan waktu tempuh menjadi lebih singkat dan efisien.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN