Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sugih Energy

Sugih Energy

Direksi-Komisaris Mundur, Kini BEI Mau Depak Saham Sugih Energy (SUGI) 

Jumat, 14 Januari 2022 | 20:29 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - PT Sugih Energy Tbk (SUGI) bakal segera didepak sahamnya oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Nasib emiten yang bergerak di bidang pertambangan, jasa dan perdagangan ini pun cenderung suram, apalagi baru-baru ini komisaris dan direksi SUGI kompak mundur dari jabatannya.

“Bursa telah menghentikan perdagangan saham SUGI sejak 1 Juli 2019. Dengan demikian, saham SUGI telah memenuhi kriteria delisting,” kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna, Jumat (14/1).

Berdasarkan pada Peraturan Bursa No. I-I tentang Penghapusan Pencatatan (delisting) dan Pencatatan Kembali (relisting) Saham di Bursa, mengatur bahwa perusahaan tercatat yang telah dihentikan sementara perdagangan efeknya sekurang-kurangnya selama 24 bulan dan tidak menunjukkan perbaikan, maka Bursa dapat melakukan delisting atas efek Perusahaan Tercatat tersebut.

Baca juga: Sugih Energy akan Akuisisi 44 Sumur di Cepu

Merujuk pada POJK No. 3 /POJK.04/2021 tentang Penyelenggaraan Kegiatan di Bidang Pasar Modal, Perusahaan Tercatat yang di-delisting oleh Bursa diwajibkan untuk melakukan pembelian kembali atas seluruh saham  yang dimiliki oleh pemegang saham publik sehingga jumlah pemegang saham menjadi kurang dari 50  pihak dan menjadi Perusahaan Tertutup.

Baru-baru ini, 12 Januari 2022 jajaran direksi dan komisaris Sugih Energy telah mengajukan surat pengunduran diri. Dalam suratnya yang terbit di lama keterbukaan informasi BEI, SUGI menyampaikan bahwa Presiden Direktur Walter Kaminsky, beserta jajaran direksi lain David K. Wiranata dan Lawrence T.P. Siburian, serta Presiden Komisaris Fadel Muhammad dan komisaris independen perusahaan Sany Kharisman Wisekay, mengundurkan diri dari jabatan yang dipegang saat ini.

"Secara bersama-sama kami mengajukan pengunduran diri dari jabatan pengurus perseroan, selanjutnya kami serahkan kepada pemegang saham," tulis manajemen SUGI.

Terkait alasan dan pertimbangan mengapa manajemen eksekutif SUGI kompak mengundurkan diri secara bersama, pihak SUGI menyebut bahwa direksi telah melakukan berbagai cara agar dapat melaksanakan RUPS tahunan. Akan tetapi, tidak ada dana atau kas yang tersedia untuk melaksanakan agenda tersebut.

"Direksi sudah menghubungi pemegang saham, tetapi pemegang saham tidak ada yang mau menaruh dana untuk penyelenggaraan RUPS tahunan," tambah pihak manajemen.

Baca juga: BEI Pertanyakan Kelangsungan Usaha Sugih Energy

SUGI juga menyebutkan bahwa jajaran direksi dan komisaris tidak dapat bekerja karena tidak memiliki kantor yang telah disegel oleh pihak pengelola gedung akibat sewa yang tidak dibayarkan.

Manajemen juga menyebutkan bahwa perusahaan tidak memiliki karyawan lagi karena perusahaan tidak memiliki uang untuk membayar gaji sejak awal 2019. Program kerja pun tidak bisa dilaksanakan.

SUGI juga menyebutkan bahwa perusahaan tidak mampu membuat laporan keuangan kepada OJK dan BEI sejak 2018. Di sisi lain, direksi dan komisaris juga tidak menerima honor sejak RUPSLB pada Oktober 2019.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN