Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Telkom Digital

Telkom Digital

Wujudkan Digital Telco, Anak Usaha Telkom (TLKM) Dirikan Holding  

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:03 WIB
Muawan Daelami

JAKARTA, Investor - PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melalui anak usahanya PT Telkomsel mendirikan PT Telkomsel Ekosistem Digital. Perusahaan baru ini akan menjadi holding company bisnis Telkomsel bidang sektor digital. Pembentukan perusahaan ini juga bagian dari keseriusan Telkomsel bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital (digital telco) terdepan di Indonesia.

Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid menuturkan, perusahaan tersebut dibentuk dengaan tujuan Telkomsel bisa fokus ke sektor digital. "Pastinya, biar lebih dalam di digital," ucap Fajrin kepada Investor Daily, di Jakarta, Selasa (18/1).

Telkomsel Ekosistem Digital akan diposisikan sebagai holding company yang menaungi beberapa anak perusahaan dari emerging portfolio bisnis vertikal Telkomsel bidang sektor digital. Holding ini akan mengoptimalkan sinergi seluruh keunggulan ekosistem aset yang Telkomsel.

Baca juga: Telkomsel Ajak Talenta Digital Ciptakan Inovasi

Telkomsel Ekosistem Digital juga bertujuan untuk membuka peluang dan mempermudah inovasi pemanfaatan teknologi digital terkini yang akan memperkuat ekosistem digital Indonesia serta mengantar Indonesia menjadi digital powerhouse di Asia Tenggara.

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, Telkomsel ingin mengoptimalkan kapabilitas digital trifecta (digital connectivity, digital platform, dan digital service) untuk memperluas portofolio bisnis di berbagai sektor terutama yang dapat memperkuat perekonomian digital nasional.

Untuk itu, Telkomsel konsisten melanjutkan peta jalan (roadmap) transformasi perusahaan dalam penyediaan solusi digital yang customer-centric agar dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup digital pelanggan yang kian dinamis seiring dengan perkembangan pasar.

Baca juga: Anak Usaha Telkom (TLKM), Finnet Gandeng Posfin Genjot Inklusi Keuangan

"Kami berharap Telkomsel Ekosistem Digital mendorong lebih banyak solusi karya talenta digital lokal serta membuka peluang kolaborasi bersama para pelaku bisnis dan perusahaan digital terdepan, meningkatkan potensi talenta digital anak bangsa, sehingga dapat semakin mematangkan kemandirian digital Indonesia," ungkap Hendri dalam keterangan resminya, Selasa (18/1).

Dipimpin Andry Firdiansyah
Pada tahap awal, Telkomsel Ekosistem Digital akan dipimpin Andi Kristianto sebagai Chief Executive Officer (CEO), Andry Firdiansyah sebagai Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Human Resource Officer (CHRO), dan Luthfi K Arif sebagai Chief Technology Officer (CTO).

Selanjutnya, Telkomsel Ekosistem Digital segera mengumumkan brand name yang digunakan sebagai identitas bisnis.

Saat ini, Telkom tengah fokus mengakselerasi transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital (digital telco). Dalam upaya mengembangkan kapabilitas bisnis digital, TelkomGroup menerapkan tiga strategi utama dengan membangun kompetensi internal, menjalin kemitraan strategis dengan pihak lain, dan mengakuisisi ataupun investasi yang dapat memberikan synergy value TelkomGroup.

Dalam melakukan kemitraan maupun akuisisi, Telkom terbuka terhadap berbagai peluang yang ada sepanjang ke depannya memenuhi berbagai kajian dan analisa bisnis yang pada prinsipnya menjunjung tinggi azas compliance dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG).

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN