Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sinergi Bareksa, OVO dan Grab, Foto: perseroan

Sinergi Bareksa, OVO dan Grab, Foto: perseroan

Masuk Ekosistem Grab dan OVO, Bareksa akan Perbesar Jumlah Investor SBN Ritel

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:53 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Bareksa, OVO dan Grab kini melakukan sinergi ekosistem e-investasi, e-money dan super app untuk memperluas distribusi Surat Berharga Negara Ritel di tahun 2022. Bareksa mencatat kenaikan jumlah investor SBN Ritel terutama dari kalangan muda, sehingga dengan adanya sinergi ini bisa semakin memperbesar kontribusi dalam berinvestasi SBN Ritel.

Co-founder and CEO Bareksa Karaniya Dharmasaputra mengatakan, fintech terbukti telah memainkan peran penting dalam mendemokratisasi dunia keuangan nasional.

"Salah satunya ditunjukkan Bareksa dengan mempelopori perluasan dan pendalaman distribusi SBN ke seluruh lapisan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital," jelas Karaniya dalam keterangan resmi, Jumat (21/1).

Baca juga: Bareksa Kembali Raih Penghargaan Mitra Distribusi SBN Terbaik

Adapun belum lama ini diumumkan, Grab memberikan pendanaan Seri C ke Bareksa, mengikuti langkah OVO pada dua tahun sebelumnya. Dengan demikian, Bareksa kini telah menjadi bagian dari Grab-OVO yang merupakan ekosistem ekonomi digital terbesar di Indonesia saat ini.

Sepanjang 2021, Bareksa telah membantu penjualan enam seri SBN Ritel, yang secara nasional total penjualannya mencapai Rp 97,21 triliun. Sejak dibukanya distribusi SBN Ritel melalui online (e-SBN) pada 2018 hingga 2021, Bareksa telah memberikan kontribusi sebesar 20% dalam kenaikan jumlah investor SBN dalam periode tersebut dan telah mendistribusikan SBN Ritel ke 34 provinsi di Indonesia.

Baca juga: Grab, Bareksa, dan OVO Kolaborasi Tingkatkan Inklusi Keuangan  

Menurut data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor SBN mencapai 611.143 investor per Desember 2021, meningkat tiga kali lipat dibandingkan Desember 2018 yang mencapai 195.277 investor. Menurut data DJPPR, jumlah investor yang berpartisipasi dalam penerbitan SBN pada 2021 mencapai 130.293 investor dengan nilai penerbitan SBN Ritel Rp 97,2 triliun.

Dari jumlah tersebut, investor dari kalangan muda yang masuk generasi milenial dan generasi Z mendominasi dengan jumlah 57.917 investor. Kalangan muda inilah yang sangat melek terhadap teknologi dan sebagian besar mereka kenal investasi dari platform fintech.

Editor : Gita Rossiana (gita.rossiana@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN