Menu
Sign in
@ Contact
Search
Mitra10 ke-43 yang berlokasi di Riau, Pekanbaru. Foto: PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP).

Mitra10 ke-43 yang berlokasi di Riau, Pekanbaru. Foto: PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP).

2022, Catur Sentosa (CSAP) Lanjutkan Ekspansi yang Agresif

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:08 WIB
Ely Rahmawati (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) membuka tahun 2022 dengan ekspansi Mitra10 ke-43 yang berlokasi di Riau, Pekanbaru. Catur Sentosa merupakan perusahaan distribusi terbesar dan terkemuka untuk bahan bangunan, kimia, dan consumer goods/FMCG, serta pemilik jaringan gerai ritel modern terbesar bahan bangunan & home improvement Mitra10 dan home furnishing Atria.

Corporate Secretary Catur Sentosa Adiprana Idrus Widjajakusuma menyatakan, CSAP selaku induk perusahaan dari Mitra10 optimistis pertumbuhan ekonomi khususnya properti kian membaik pada 2022. “Tahun ini, perseroan berencana membuka 3-4 Mitra10 baru, dan telah meresmikan Mitra10 ke-43 di Pekanbaru, Riau,” kata dia dalam keterangan tertulis.

Perseroan melanjutkan rencana ekspansi agresifnya, seiring optimisme terhadap pertumbuhan ekonomi yang akan makin meningkat pada 2022. Terlebih aktivitas masyarakat kian aktif guna mendorong laju pertumbuhan sejak membaiknya penanganan pandemi dan semakin meratanya vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: Catur Sentosa Rampungkan Target Ekspansi Superstore Mitra10

Mitra10 Pekanbaru yang baru diresmikan tersebut menempati area lahan seluas 1,78 ha dengan luas bangunan 9.200 m2. Termasuk, selling area seluas 9.200 m2 yang menampilkan 25.000 stock keeping unit (SKU/item barang).

“Dengan dibukanya Mitra10 di Pekanbaru, saat ini kami telah memiliki 43 toko di 25 kota di Indonesia. Harapannya, Mitra10 di Pekanbaru dapat menjadi destinasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbelanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah,” ucap Erick Koswara, general manager marketing communication Mitra10.

Mitra10 merupakan pelopor ritel bahan bangunan modern yang menerapkan konsep belanja bahan bahan bangunan dan perlengkapan rumah dalam satu atap. Berkat strategi ekspansi yang agresif, Mitra10 kini merupakan jejaring ritel bahan bangunan terbesar dan terlengkap di Indonesia. Bahkan tahun depan, CSAP atau juga dikenal sebagai CSA Group menargetkan memiliki 50 gerai Mitra10 di seluruh Indonesia.

Baca juga: Catur Sentosa Kembali Ekspansi Mitra10

Hingga saat ini, Mitra10 telah beroperasi di wilayah kota-kota besar di Indonesia, yakni Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Semarang, Tegal Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, dan Banjarmasin.

Sementara itu, untuk kemudahan berbelanja, produk Mitra10 saat ini bisa didapatkan secara online melalui mitra10.com dan platform Digiretail. Hal tersebut dimungkinkan karena layanan digital Mitra10 berkonsep Omnichannel atau terdiri atas beberapa platform yang saling terintegrasi.

Selain Mitra10, Catur Sentosa membuka gerai Atria ke-16 pada saat pembukaan Mitra10 di Pekanbaru. Atria merupakan gerai modern kategori home furnishing yang dikelola oleh anak usaha perseroan, PT Catur Sentosa Berhasil (CSB).

Baca juga: Siasati PPKM Darurat, Catur Sentosa Genjot Penjualan Online

Topang Kinerja

Keputusan manajemen untuk melakukan ekspansi yang agresif merupakan strategi CSAP untuk meningkatkan pendapatan dan margin keuntungan, sekaligus untuk menguasai pangsa pasar. Strategi ini membuahkan hasil yang positif.

Dari hasil pantauan manajemen secara in-house (audit tahunan sedang berjalan), capaian target penjualan 2021 diestimasi mencapai 100% atau tumbuh hampir 13% dibandingkan penjualan 2020. Pencapaian penjualan 2021 tercatat sebesar Rp 14,3 triliun (in-house). Kinerja penjualan dan pendapatan usaha bersumber dari segmen distribusi yang berkontribusi sebesar 65% dan ritel modern berkontribusi sebesar 35%.

Pada 2021, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada entitas induk diperkirakan tumbuh kurang lebih 105% atau sekitar Rp 186 miliar, dimana pada periode 2020 tercatat sebesar Rp 90 miliar. Margin laba bersih tumbuh dari 0,7% menjadi 1,3%. Margin laba kotor tumbuh dari 15,6% menjadi 16% pada periode 2021.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com