Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Alat pembayaran Cashlez di outlet Sarinah. (Foto: IST)

Alat pembayaran Cashlez di outlet Sarinah. (Foto: IST)

Cashlez Perkuat Ekosistem Digital Sarinah

Senin, 24 Januari 2022 | 23:38 WIB
Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Sarinah (Persero) bersama PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (CASH), perusahaan fintech payment gateway, bekerjasama memfasilitasi transaksi non-tunai Sarinah yang merupakan pusat perbelanjaan dan ritel modern pertama di Indonesia.

Melalui kerja sama ini, seluruh outlet dari Sarinah baik itu in store, e-commerce, maupun di mobile apps Sarinah akan dapat menerima pembayaran non-tunai, seperti kartu kredit/debit, QRIS, virtual account, maupun PayLater yang tergabung dalam ekosistem Cashlez.

Baca juga: Cashlez-Lumbung Dana Teken Kerja Sama Pembiayaan Micro Financing

Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati mengatakan, sebagai BUMN, pihaknya perlu beradaptasi dengan perkembangan industri yang ada melalui berbagai kolaborasi, salah satunya dengan fintech. “Digitalisasi adalah sebuah keniscayaan di sektor ritel, namun di sisi lainnya menikmati pengalaman berbelanja secara langsung masih merupakan daya tarik konsumen. Sementara, hilirisasi sektor dan rantai nilai paling bernilai adalah transaksi tanpa uang tunai yang menjamin akurasi, kenyamanan, dan keamanan,” kata dia dalam keterangan tertulis.

Cashlez merupakan start-up fintech lokal yang telah memiliki izin dari Bank Indonesia (BI) dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai perusahaan go public di Indonesia dengan kode saham CASH. Hingga saat ini, CASH telah membantu lebih dari 13.000 pelaku usaha yang tersebar di seluruh Indonesia dari berbagai segmen, mulai dari ritel, F&B, pariwisata, hingga transportasi.

Baca juga: Sarinah Go Global, Hadir di Duty Free Dufry Beberapa Negara

Presiden Direktur Cashlez Suwandi mengatakan, Cashlez dan Sarinah memiliki tujuan yang sama dalam membantu para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM. “Kami berharap melalui kerja sama ini dapat mendukung brand lokal UMKM dan produk dalam negeri untuk bisa masuk ke pasar global melalui penerimaan pembayaran non-tunai sesuai dengan visi transformasi Sarinah,” jelas dia.

Seperti diketahui sejak pandemi Covid-19, pertumbuhan transaksi digital meningkat pesat di Indonesia. Berdasarkan data dari Bank Indonesia, transaksi uang elektronik hingga kuartal III-2021 tercatat naik 45,05% year on year (YoY). Pertumbuhan tersebut diiringi oleh meningkatnya ekspektasi dan preferensi masyarakat untuk berbelanja secara digital.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN