Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
erajaya

erajaya

Kinerja Tumbuh Pesat, Saham Erajaya (ERAA) Direkomendasikan Beli

Rabu, 26 Januari 2022 | 09:38 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, Investor.id - PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) menunjukkan tren pertumbuhan kinerja keuangan pesat dalam beberapa tahun mendatang didukung tren peningkatan penjualan barang elektronik, khususnya celular handset. Pertumbuhan juga didukung diversifikasi bisnis perseroan yang bisa menaikkan margin keuntungan.

Hal tersebut mendorong CGS CIMB Sekuritas menempatkan saham ERAA sebagai pilihan teratas untuk emiten ritel. Saham ERAA direkomendasikan add dengan target harga Rp 850 per saham. Sedangkan pada penutupan kemarin, saham ERAA ditutup di level Rp 5.25.

Baca juga: Erajaya Tumbuh Melampaui Kompetitor

Analis CGS CIMB Sekuritas Patricia Gabriela dan Marcella Regina mengatakan, Erajaya telah bertransformasi menjadi ritailer elit, seiring dengan diversifikasi bisnis ke makanan, pakaian olah raga, dan kosmetik. Ritailer elit juga didukung atas tren peningkatan kinerja keuangan perseroan dalam beberapa tahun terakhir. Kenaikan laba per saham (EPS) tahun 2021 diperkirakan mencapai 60%. Sedangkan pertumbuhan EPS tahun 2022-2023 bisa mencapai 20%.

CGS CIMB Sekuritas menyebutkan bahwa penjualan handset selular masih menjadi tulang punggung penjualan perseroan atau berkontribusi hingga 80% dengan margin kotor (GPM) berkisar 8-10%. Sedangkan bisnis makanan dan minuman (F&B), kosmetik, pakaian olah raga, dan farmasi bisa menjadi bidang usaha pendongkrak margin keuntungan perseroan.

“Ekspansi perseroan ke sejumlah segmen bisnis tersebut bisa menempatkan Erajaya dalam liga ritel besar di Tanah Air,” tulisnya dalam riset yang diterbitkan di Jakarta, belum lama ini.

Selain faktor tersebut, dia mengatakan, Erajaya merupakan satu dari beberapa perusahaan ritel yang memiliki neraca keuangan paling sehat. Pertumbuhan kinerja keuangan perseoran juga didukung peningkatan popularitas ‘buy now pay laterdigital banking dan fintech, sehingga berpotensi mendongkrak penjualan perseroan. Penjualan barang elektronik juga diperkirakan meningkat, seiring dengan ekspektasi membaiknya pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Prospek Erajaya Setelah PPKM Dilonggarkan

Berbagai faktor tersebut mendorong CGS CIMB Sekuritas untuk mempertahankan target kenaikan laba bersih Erajaya menjadi Rp 1,18 triliun tahun 2022, dibandingkan perkiraan tahun 2021 senilai Rp 989 miliar dan realisasi tahun 2020 mencapai Rp 612 miliar. Pendapatan perseroan juga diprediksi meningkat menjadi Rp 48,32 triliun pada 2022, dibandingkan proyeksi tahun 2021 mencapai Rp 42,31 triliun dan perolehan tahun 2020 sebanyak Rp 34,11 triliun.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN