Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Director of Business Development and Innovation Mustika Ratu Kusuma Anjani  saat kunjungan media ke BeritaSatu di Jakarta, Selasa (25/1/2022). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Director of Business Development and Innovation Mustika Ratu Kusuma Anjani saat kunjungan media ke BeritaSatu di Jakarta, Selasa (25/1/2022). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Mustika Ratu Bidik Pasar Kosmetik Berbasis Skincare

Rabu, 26 Januari 2022 | 14:07 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Mustika Ratu Tbk terus fokus membidik pasar kosmetik berbasis skincare dari bahan herbal. Setelah Beauty Queen Series yang mengandung ekstrak biji kelor, tahun 2022 Mustika Ratu meluncurkan Bengkoang Series yang terdiri atas beberapa varian.

“Mustika Ratu awalnya dikenal sebagai perusahaan jamu, lalu kosmetik. Tapi kami tak hanya memiliki produk dekoratif saja, namun juga skincare, healthcare, oral care. Ini yang sedikit menjadi miss information bahwa kosmetik bukan hanya tata rias namun juga skincare yang punya pasar sangat besar dan selama 40 tahun ini Mustika Ratu fokus menggunakan bahan dasar herbal sebagai kearifan lokal yang dikombinasikan dengan teknologi sehingga menghasilkan inovasi kosmetik sekaligus skincare,” kata Director of Business Development and Innovation PT Mustika Ratu Tbk Kusuma Anjani kepada Investor Daily saat media visit ke BeritaSatu Media Holdings, Selasa (25/1/2022).

Baca juga: Uji Klinis akan Selesai dalam Hitungan Bulan, Herbamuno+ Siap Jadi Obat Covid-19

Tahun lalu, Mustika Ratu mengeluarkan Beauty Queen Series yang mengandung ekstrak biji kelor. “Tahun 2022 ini kami siap meluncurkan Bengkoang Series. Series ini sudah ada di pasar online, namun untuk peluncuran resminya akan dilakukan pada Maret dalam acara Pemilihan Putri Indonesia,” lanjut perempuan yang akrab disapa Ajeng.

Bengkoang bukan hal baru bagi Mustika Ratu. “Sejak dulu kami sudah menggunakan bengkoang, namun kami relaunch sebagai Bengkoang Plus Series untuk menggaet pasar gen milenial dan gen Z. Bengkoang series ini diperkaya dengan kandungan rosehip, licorice, dan niacinamide yang berkhasiat mencerahkan kulit seketika dan bertahan lama dengan pemakaian rutin,” jelas Ajeng.

Sedangkan produk sebelumnya, Beauty Queen Series mengandung ekstrak biji kelor. “Kelor adalah superfood dan juga berkhasiat sebagai antioksidan untuk kesehatan dan mencegah penuaan dini,” kata CEO PT Mustika Ratu Tbk Egidius Sitomorang pada kesempatan sama.

Baca juga: Mustika Ratu Harapkan Insentif Pengembangan Industri Ekstraksi

Produk kosmetik berbasis skincare dari bahan herbal, kata Ajeng, harus terus ditingkatkan. “Mustika Ratu sebagai pionir perusahaan kosmetik yang menggunakan bahan-bahan herbal lokal sekaligus merawat kulit, melihat bahwa 70% tanaman obat di dunia ada di Indonesia. Ini merupakan potens yang sangat besar untuk dikembangkan dan digunakan,” tegas Ajeng.

Sayangnya, tambah Egidius Situmorang, tak hanya bahan baku untuk obat, 90% bahan baku untuk kosmetik pun masih menggunakan bahan baku impor. “Kalau untuk bahan herbalnya, kami 100% menggunakan herbal produk lokal, namun untuk raw material dan kemasan, misal untuk pumping botol hand sanitizer atau pumping botol kosmetik, itu masih impor,” jelas Egidius, yang berharap industri kemasan dan industri ekstrak bahan baku bisa tumbuh di Indonesia sehingga bisa menekan harga produk dalam negeri.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN