Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ghozali Ghozalu

Ghozali Ghozalu

Yuk Kenalan Lebih Dekat dengan NFT

Kamis, 27 Januari 2022 | 11:29 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - Baru-baru ini jagat dunia maya diramaikan oleh kemunculan Ghozali, sang konten kreator yang menjual hasil selfie-nya ke dalam bentuk NFT. Lantas apa sebetulnya NFT? Bagaimana cara kerja, fungsi, serta cara menggunggah karya ke dalamnya?

Berikut pemahaman soal NFT, dikutip dari pintu.co.id, Kamis (27/1), Non-Fungible Token atau NFT adalah aset digital berbasis teknologi blockchain yang sedang populer di dunia kripto karena nilainya bisa mencapai puluhan juta dolar AS. Sebagian besar NFT diperdagangkan menggunakan ether (ETH), koin buatan Ethereum.

Baca juga: Ini Penjelasan Pakar soal NFT yang Sedang Viral

Secara esensinya, NFT adalah sebuah aset yang berkembang dari aset kripto. Namun, ia memiliki tujuan, bentuk, dan penggunaan yang berbeda dari aset kripto seperti Bitcoin, misalnya. Masing-masing NFT hanya dibuat satu kali dan ia tidak bisa ditukarkan atau diperdagangkan dengan NFT yang lain karena nilainya tidak sepadan.

Data unik NFT bekerja seperti sidik jari yang memudahkan sistem memverifikasi kepemilikannya. Pemilik atau pencipta juga dapat menyimpan informasi tertentu di dalamnya. Misalnya, si pembuat dapat menempelkan tandatangan di karya seni mereka dengan memasukkannya dalam metadata NFT.

Selain itu, kepemilikan NFT bersifat mutlak, artinya siapapun yang sedang memilikinya mempunyai hak milik penuh. Hak cipta untuk memperbanyak karya tetap ada di tangan pembuatnya, namun pemiliknya adalah satu-satunya yang memiliki karya orisinilnya.

NFT juga tidak dapat dibagi menjadi denominasi yang lebih kecil seperti satoshi BTC atau wei ETH. Mereka ada secara eksklusif sebagai sebuah keseluruhan.

NFT sebenarnya sudah mulai populer pada tahun 2017, saat game NFT pertama diluncurkan yaitu CryptoKitties. CryptoKitties sendiri adalah game berbasis blockchain Ethereum yang memungkinkan pemain untuk mengadopsi, memelihara, dan memperdagangkan kucing virtual. Pasar NFT mengalami perkembangan pesat mulai akhir Januari 2021.

Bagi penggemar dan pengguna, NFT merupakan era baru koleksi digital. Ia adalah cara baru untuk mendukung artis, atlit, dan musisi tanpa melalui perantara pihak ketiga. Bagi kreator, seniman, dan musisi, NFT memungkinkan mereka mendapat keuntungan langsung dari karyanya karena tidak ada potongan dari pihak ketiga seperti perusahaan rekaman, distributor, penerbit, dan lainnya.

Baca juga: Net TV (NETV) Identifikasi Peluang Bermanuver ke Metaverse dan NFT

Popularitas NFT sekarang masih sangat terbatas pada industri seni, hobi, dan hiburan. Namun, banyak pengamat dunia kripto yang melihat potensi besar pengaplikasian NFT dalam banyak sektor.

NFT sendiri bisa digunakan dalam hal seperti dalam industri karya seni, dalam konteks bisnis, dan dalam industri hobi dan hiburan.

Lebih lanjut, kamu bisa membeli dan menjual NFT di banyak marketplace yang tersebar. Pasar-pasar digital ini menawarkan NFT dalam berbagai bentuk. Aset kripto yang digunakan untuk membeli NFT biasanya bergantung kepada platform yang kita pilih. Misalnya, CryptoPunks, OpenSea dan Rarible hanya menerima pembayaran menggunakan Dolar dan ETH. Sebaliknya, situs seperti NBA Top Shot memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk membayar menggunakan beberapa jenis aset kripto. Langkah pertama membeli dan menjual NFT adalah memiliki aset kripto yang sesuai dengan marketplace yang kamu tuju, termasuk di Pintu.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN