Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
MPMX luncurkan platform penjualan mobil bekas OtoDeals

MPMX luncurkan platform penjualan mobil bekas OtoDeals

Pandemi Mereda, Mitra Pinasthika Mustika Optimis Pendapatan Naik Hingga 15%

Jumat, 28 Januari 2022 | 05:52 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menargetkan pendapatan pada tahun ini dapat bertumbuh 10%-15% dari tahun lalu. Selain itu, perseroan juga siapkan belanja modal (capital expenditure/capex) hingga Rp 700 miliar pada tahun ini.

GM Corporate Communication & Sustainability Mitra Pinasthika Utama Natalia Lusnita menjelaskan, jika selama kuartal I-2022 pandemi semakin mereda dan situasi perekonomian semakin membaik, maka tidak menutup kemungkinan target tersebut mampu direvisi. Adapun, sebagian besar modal kerja akan digunakan untuk pembelian unit kendaraan MPM Rent dan juga program peremajaan unit. 

Ia melanjutkan, untuk mendukung target tersebut perseroan akan tetap fokus menjaga momentum pemulihan ekonomi pasca pandemi. “Sejalan dengan proyeksi dan optimisme dari sejumlah institusi dan pengamat yang menyebutkan pemulihan ekonomi akan terus berlanjut di tahun 2022, bahkan beberapa sektor bisnis seperti otomotif pun diprediksi akan kembali mengarah ke tingkat pertumbuhan sebelum pandemi,” jelasnya kepada Investor Daily, Kamis (27/1).

Baca juga: Pasar Pulih, MPMX Optimistis Pendapatan Tumbuh 25%

Tahun lalu, lanjut Natalia, perseroan mengumumkan bahwa semua segmen bisnis telah mempersiapkan inisiatif digital untuk mendukung pertumbuhan dan ini terbukti dengan peluncuran AUKSI Online dan platform mobil bekas OtoDeals. Transformasi juga terjadi di MPMInsurance dengan diluncurkannya inisiatif klaim online. Dengan kondisi tersebut, Ia yakin semua segmen bisnis MPM saat ini memiliki potensi untuk bertumbuh, dengan segmen distribusi masih menjadi kontribusi terbesar. 

Adapun untuk tahun ini, perseroan akan terus berinovasi untuk meningkatkan daya saing dengan menciptakan produk-produk yang relevan dengan kebutuhan pasar saat ini. ”Serta terus secara aktif melihat peluang untuk tumbuh secara anorganik dengan mencari dan mengevaluasi bisnis baru untuk M&A yang potensial,” ujarnya.

Sementara itu, sebagai gambaran hingga kuartal III-2021 pendapatan bersih perseroan terealisasi sebesar Rp 9,6 triliun atau naik sebesar 15% apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020 lalu. Diikuti dengan pencapaian laba bersih perseroan meningkat secara signifikan dari Rp 7 miliar di kuartal III-2020 menjadi Rp 323 miliar di akhir September 2021. 

Menurut Natalia, perbaikan laba sejalan dengan pulihnya ekonomi dan industri otomotif nasional. Secara rinci, pada segmen distribusi unit sepeda motor dan pendapatan suku cadang keduanya meningkat 16% secara tahunan. Sementara itu, pendapatan dari penjualan ritel unit sepeda motor, suku cadang, dan services meningkat masing-masing sebesar 23%, 7%, dan 4% secara tahunan. 

Meski demikian, ia mencatat terdapat penurunan pendapatan segmen transportasi turun 7% pada kuartal III-2021 dibandingkan sebelumnya yang diakibatkan volume penjualan mobil bekas yang lebih rendah, marjin kotor dari penjualan mobil bekas meningkat menjadi 21%.

Adapun pada segmen asuransi, MPMX diuntungkan dengan menguatnya kinerja premi bruto, meningkat sebesar 25% menjadi Rp 551 miliar meskipun terjadi penurunan pendapatan bersih sebesar 2% karena perubahan portfolio mix. “Namun, MPMX jua membukukan perbaikan kontribusi dari perusahaan asosiasi MPMX, seperti JACCS-MPM Finance dengan  peningkatan laba kotor sebesar 15% secara tahunan dan peningkatan NPL menjadi 2,8%,” pungkasnya.

Baca juga: MPMX Dinobatkan Sebagai Top Community Centric Company dalam Ajang ACES Awards 2021

Dalam arsip Investor Daily, Natalia optimis catatkan peningkatan pendapatan pada akhir tahun 2021 akan bertumbuh sebanyak 20-25%. Sejalan, dengan pasar yang semakin baik dan berangsur pulih di semester pertama 2021.

Ia mengatakan, sejauh ini kinerja perseroan masih on track dan untuk mencapai target, secara konsisten perseroan akan terus memastikan cost leadership dan peningkatan produktivitas.

“Salah satunya, dengan digitalisasi dan memastikan pertumbuhan positif arus kas operasional yang diimplementasikan secara terus menerus di seluruh segmen bisnis,” tegasnya.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN