Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk, Dian Siswarini. Foto: IST

Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk, Dian Siswarini. Foto: IST

XL Axiata (EXCL) Fokus Rampungkan Akuisisi Link Net (LINK), Aksi Lain Nanti Dulu!

Jumat, 28 Januari 2022 | 12:04 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT XL Axiata Tbk (EXCL) fokus merampungkan transaksi pembelian saham PT Link Net Tbk (LINK) yang ditargetkan tuntas pada kuartal III-2022.

Sebagaimana diketahui Axiata Group Berhad (Axiata) dan PT XL Axiata Tbk telah meneken penandatanganan perjanjian jual beli saham bersyarat (PJB) untuk secara bersama-sama melakukan pengambilalihan terhadap sejumlah 66,03% saham dengan hak suara yang telah disetor penuh dalam PT Link Net Tbk (LINK) yang dimiliki oleh Asia Link Dewa Pte Ltd (ALD) dan PT First Media Tbk (KBLV).

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini menjelaskan, setelah perjanjian itu, pihaknya masih harus melakukan closing pembelian saham dan persetujuan dari regulator. Karena itu, dia memperkirakan, penyelesaian proses semua ini butuh waktu beberapa bulan lagi.

Baca juga: XL Axiata (EXCL) Dinilai Cukup Danai Akuisisi Link Net (LINK), Analis Rekomendasi EXCL dengan Target Harga Rp 3.400

“Memang masih diperlukan waktu beberapa bulan sampai transaksi ini ditutup dan akuisisi bisa dilakukan secara efektif,” kata Dian dalam program Corporate Action yang disiarkan langsung Berita Satu TV, Jumat (28/1).

Dia menambahkan, untuk tahun 2022 ini, XL Axiata memang akan sangat sibuk untuk aksi korporasi pengambilalihan saham Link Net. Karena itu, perseroan belum merencanakan lagi adanya aksi korporasi pada tahun ini.

“Jadi memang untuk tahun 2022 barangkali mungkin kami masih sibuk untuk aksi korporasi yang ini. Meneruskan sampai tahap akhir sampai goal sehingga untuk aksi korporasi yang lain barangkali belum kami rencanakan paling tidak sampai pertengahan tahun ini, karena akan digunakan untuk sampai ujung, sehingga transaksi ini memang bisa closed di tahun 2022,” papar Dian.

Baca juga: Link Net Diakuisisi XL Axiata, Grup Lippo: Sejalan Strategi Pengembangan Bisnis Korporat

Berdasarkan ketentuan PJB, Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (AII), anak perusahaan yang secara tidak langsung dimiliki oleh Axiata, dan XL Axiata akan memiliki kepemilikan saham masing-masing 46,03% dan 20,00% dari gabungan keseluruhan saham sebesar 66,03% dalam Link Net yang dimiliki oleh oleh ALD dan FM. AII kemudian akan diwajibkan untuk melakukan penawaran tender wajib (mandatory tender offer/MTO) untuk membeli 33,97% saham Link Net yang tersisa sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Rencana pengambilalihan dan MTO diharapkan akan selesai pada kuartal ketiga tahun 2022 dan akan menyesuaikan dengan perkembangan pemenuhan persyaratan untuk penyelesaian transaksi, termasuk perolehan persetujuan dari regulator dan persetujuan dari pemegang saham. Rencana transaksi ini akan didanai melalui kombinasi dana internal dan/atau pinjaman bank, yang proporsinya akan ditentukan kemudian.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com