Menu
Sign in
@ Contact
Search
Salah satu pabrik PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP). Foto: Perseroan.

Salah satu pabrik PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP). Foto: Perseroan.

Duh, Saham Waskita Precast (WSBP) Dibekukan

Selasa, 1 Februari 2022 | 18:30 WIB
Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara (suspensi) perdagangan saham dan obligasi PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) di seluruh pasar terhitung sejak 31 Januari 2022 hingga pengumuman lebih lanjut. Hal ini menyusul penundaan pembayaran bunga ke-9 obligasi berkelanjutan I Waskita Beton Precast tahap II tahun 2019.

“Dalam rangka menjaga perdagangan efek yang teratur, wajar, dan efisien, maka BEI memutuskan untuk menghentikan sementara perdagangan efek (saham dan obligasi) PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP),” tulis BEI dalam pengumumannya. BEI meminta kepada seluruh pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh WSBP.

Baca juga: Waskita Precast (WSBP) Bidik Kontrak Baru Rp 3,5 Triliun

Sebelumnya, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah menurunkan peringkat obligasi berkelanjutan I Waskita Beton Precast tahun 2019 sebesar Rp 2 triliun menjadi D (default) atau gagal bayar. Sebelumnya, peringkat surat utang WSBP adalah BBB-.

Penurunan peringkat tersebut mengikuti putusan pengadilan pada 25 Januari 2022 yang menyatakan status Waskita Beton Precast berada dalam masa Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) sementara untuk jangka waktu 45 hari sampai 11 Maret 2022.

“Dalam status PKPU sementara, perseroan dalam keadaan debt standstill dan perusahaan tidak diperkenankan melakukan pembayaran kepada semua pemberi pinjaman, termasuk pembayaran kupon obligasi berkelanjutan I tahap II tahun 2019 yang jatuh tempo pada 31 Januari 2022,” ungkap Pefindo dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Waskita Precast (WSBP) Incar Proyek di Ibu Kota Baru

Obligor dengan peringkat D menandakan obligor gagal membayar seluruh kewajiban finansialnya yang jatuh tempo, baik atas kewajiban yang telah diperingkat atau tidak diperingkat.

Waskita Beton Precast merupakan perusahaan pracetak yang berdiri sejak tahun 2014, sebelumnya merupakan divisi pracetak PT Waskita Karya Tbk (WSKT). WSBP didukung oleh sembilan pabrik pracetak dengan total kapasitas produksi tahunan sebanyak 3,4 juta ton per tahun. Per 30 September 2021, pemegang saham WSBP adalah WSKT (59,9%), publik (40%), dan Koperasi Waskita (0,1%).

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com