Menu
Sign in
@ Contact
Search
Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo. Foto: Kementerian BUMN

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo. Foto: Kementerian BUMN

Meluncur Kuartal II-2022, Merah Putih Fund Siap Dorong Start-upLokal IPO

Rabu, 9 Februari 2022 | 12:32 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan Merah Putih Fund akan segera diluncurkan pada kuartal II-2022. Nantinya, Merah Putih Fund berkomitmen mendanai start-up soonicorn potensial dalam negeri dengan nilai investasi mencapai US$ 300 juta atau setara Rp 4,3 triliun.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, Merah Putih Fund dibentuk supaya start-up lokal soonicorn tetap berada di Indonesia dan akan mendukung beberapa start-up itu menggelar initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia sekaligus menjaring pendanaan asing.

Baca juga: Undang Investor, Presiden Jokowi Jamin Keamanan Investasi di Indonesia

“Merah Putih Fund diluncurkan untuk memastikan soonicorn atau start-up yang akan bergerak menuju unicorn tetap berada di Indonesia dan kami akan mendukung mereka untuk bisa menjadi listed di Indonesia serta menarik investasi dari komunitas global,” ujar Tiko, sapaan akrabnya, pada Mandiri Investment Forum 2022 yang disaksikan secara online, Rabu (9/2).

Tiko meyakini, dengan kolaborasi tersebut, pemerintah bisa memperkuat dan memastikan perusahaan-perusahaan rintisan Indonesia memiliki dana yang tersedia secara domestik. “Sekaligus memastikan ada ekosistem yang terbangun, mendorong lebih banyak start-up unicorn maupun decacorn yang tumbuh berkembang di Indonesia,” sambungnya.

Baca juga: Ekonom Minta Presidensi G20 Dorong Negara Maju Sediakan US$ 100 Miliar

Merah Putih Fund sendiri dikelola bersama oleh Mandiri Capital Indonesia, MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, BRI Ventures, dan BNI Ventures.

Menurut Tiko, saat ini terdapat pula banyak start-up yang sudah disuntik investasi oleh MDI, BRI Ventures, dan Mandiri Capital. Karena itu, start-up tersebut berpotensi meraih investasi seri selanjutnya, baik itu untuk pendanaan seri B, seri C, atau bahkan seri D. (C02)

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com