Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Foto ilustrasi: Kantor Pusat PT Unilever Indonesia Tbk

Foto ilustrasi: Kantor Pusat PT Unilever Indonesia Tbk

Kategori Foods & Refreshment Jadi penopang

Unilever Indonesia (UNVR) Bukukan Laba Rp 5,7 T

Kamis, 10 Februari 2022 | 18:42 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

TANGERANG, investor.id - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) berhasil mencatat penjualan bersih sebesar Rp 39,5 triliun pada laporan kinerja keuangan (diaudit) tahun 2021. Kategori Foods & Refreshment menjadi penopang utama pertumbuhan dengan membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 1,4% di tahun 2021. Perseroan  membukukan laba bersih sebesar Rp 5,7 triliun meski menghadapi berbagai tantangan berat di sepanjang tahun 2021.

Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti mengatakan, gelombang kasus Covid pasca libur tahun baru dan Idul Fitri, serta munculnya varian Delta mengakibatkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diterapkan di berbagai wilayah di Indonesia di beberapa bulan di tahun 2021, telah mempengaruhi daya beli konsumen terutama pada segmen pasar lokasi Unilever Indonesia beroperasi. Selain itu, berbagai harga komoditas yang menjadi bahan baku, beberapa diantaranya crude-oil, palm-oil juga mengalami lonjakan harga yang signifikan dibandingkan dengan tahun 2020.

Baca juga : Unilever Kembali Ajukan Tawaran Akuisisi Unit Bisnis GSK-Pfizer

Ira menambahkan lonjakan harga bahan baku, penurunan daya beli konsumen akan produk UNVR, dan waktu transisi untuk kembali ke daya beli sebelum pandemi hanyalah sebagian dari berbagai tantangan yang muncul di tahun 2021. Oleh karena itu, pihaknya melihat bahwa capaian Perseroan di tengah berbagai tantangan hebat ini sebagai sesuatu yang membawa optimisme di tahun-tahun mendatang. “Perseroan terus menggenjot berbagai produk yang memiliki peluang besar, misalnya dari kategori Foods and Refreshment yang berhasil menopang pertumbuhan Perseroan di tahun ini,” ungkap Ira dalam keterangan pers, Kamis (10/2).

Lebih jauh Ira menjelaskan mengenai ketangkasan kategori Foods and Refreshment menyambut perubahan perilaku konsumen saat pandemi. Seperti terjadinya peningkatan kesadaran konsumen akan kesehatan secara menyeluruh yang dijawab dengan produk-produk seperti Buavita 100% Daily Vitamins Requirements dan Paddle Pop Choco Magma dengan Vitamin D, dan keinginan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga yang dijawab dengan produk- produk seperti Royco Saus Tiram dan Wall’s Extra Creamy 3in1 Unicorn.

Pada Kuartal IV 2021, Ira menyebutkan Unilever Indonesia meluncurkan beberapa inovasi lain yang sejalan dengan strategi prioritas perseroan dalam hal perluasan portfolio ke segmen premium dan value serta memperkuat core. Disamping itu, Perseroan terus memastikan keberadaan dari produk-produk dengan kemasan dan harga yang terjangkau, mulai Rp 500- 2000 yang merupakan harga rekomendasi disarankan dari brand-brand besar yang merupakan bagian penting dari keseharian masyarakat seperti diantaranya Royco, Bango, Rinso, Sunlight, Sunsilk, dan Clear.

Prioritas Strategis 2022

Ira menegaskan dua tahun melewati pandemi bagi UNVR merupakan masa reset dan menyiapkan landasan yang kuat untuk pertumbuhan dan kemenangan jangka panjang. Berbagai pengalaman tersebut juga menjadi dasar dari strategi Perseroan untuk menjawab berbagai tantangan dengan tepat sasaran, yang diturunkan menjadi lima prioritas strategis Unilever Indonesia pada 2022 yaitu pertama, memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand besar dan produk utama melalui inovasi yang terdepan untuk menstimulasi konsumsi konsumen. Kedua, memperluas dan memperkaya portfolio ke value dan premium segment.

Baca juga : Strategi dan Inovasi Unilever (UNVR) Mendobrak Daya Beli

“Ketiga, Memperkuat kepemimpinan di channel utama (GT dan Modern Trade) dan channel masa depan (e-Commerce), Memimpin di Digital & Data Driven capabilities, dan terakhir tetap menjadi yang terdepan dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan,” tegas Ira.

Lebih lanjut Ira mengatakan memasuki 2022, Unilever Indonesia optimis bahwa dengan strategi prioritas yang perusahaan terapkan saat ini, Perseroan sudah berada di jalur yang tepat untuk kembali menuju pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan. “Kami optimistis 2022, seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia, semakin besar juga peluang bagi Perseroan untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis yang konsisten, kompetitif, menguntungkan, dan bertanggung jawab,” tutup Ira.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN