Menu
Sign in
@ Contact
Search
Anang Hermansyah

Anang Hermansyah

Bappebti Minta Para Artis Daftarkan Token Miliknya Secara Resmi

Jumat, 11 Februari 2022 | 08:00 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) meminta agar siapa saja yang membuat token, termasuk dari kalangan artis untuk mendaftarkan token miliknya melalui jalur resmi ke Bappebti.

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti Tirta Karma mengatakan sesuai peraturan Bappebti Nomor 7 Tahun 2020 terdapat aset kripto yang boleh diperdagangkan. Dia menambahkan sesuai aturan itu aset kripto baru harus masuk ke dalam daftar untuk bisa diperdagangkan. Yakni setelah dilakukan penilaian bersama oleh Bappebti dan para pedagang kripto.

Baca juga: Penggemar Diimbau Bijak Soal Pembelian Token Artis

Jadi, sesuai peraturan tersebut kalau aset kripto baru yang mau diperdagangkan harus masuk dalam daftar di peraturan tersebut setelah dilakukan penilaian oleh Bappebti bersama para pedagang kripto sesuai kriteria penilaian dan batas nilai dalam peraturan tersebut.

“Kalau sudah beredar dan dijual yang penting didaftarkan dulu dan dilakukan penilaian dan kalau tidak memenuhi nilainya, maka belum bisa di-listing dan harus diperbaiki untuk pemenuhan atas kriteria-kriteria penilaian dalam peraturan tersebut,” kata Tirta kepada Investor Daily, Kamis (10/2).

Tirta menambahkan, kalaupun token tersebut di-listing dulu di pedagang kripto, menurutnya pedagang tersebut harus tetap melakukan penilaian dan sampaikan ke Bappebti untuk disetujui. “Kalau saat ini, token ASIX kami bilangnya belum disetujui dan kami minta agar didaftarkan dahulu,” tegas dia.

Sebelumnya, Bappebti menanggapi token kripto milik musisi dan politikus Anang Hermansyah, ASIX, yang belakangan ramai diperbincangkan publik.  Lewat akun Twitter resminya, Bappebti menegaskan bahwa token tersebut dilarang diperdagangkan.

"Selamat siang, dapat kami sampaikan bahwa token ASIX dilarang untuk diperdagangkan karena tidak termasuk dalam 229 aset kripto yang boleh diperdagangkan dalam transaksi aset kripto di Indonesia sesuai Peraturan Bappebti Nomor 7 tahun 2020," cuit @InfoBappebti, Kamis, 10 Februari 2022. 

Baca juga: Investor Antusias, 35 Juta Token Digital Gamers $VCG Terjual Hanya dalam Enam Jam

Token ASIX menjadi sorotan publik setelah Anang Hermansyah meluncurkannya pada 27 Januari 2022 lalu.

Dia memiliki proyek ASIX Token, yaitu menggunakan teknologi blockchain dari Binance, serta juga mengembangkan markeplace Non Fungible Tokens (NFT)

Marketplace itu direncanakan menyasar pasar Asia. Rencana lainnya, marketplace akan menggandeng sejumlah artis dalam negeri untuk bisa menjual karyanya melalui NFT.

 

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com