Menu
Sign in
@ Contact
Search
Proyek jalan tol PT Waskita Karya Tbk. Foto: Perseroan

Proyek jalan tol PT Waskita Karya Tbk. Foto: Perseroan

Tak HanyaWSKT, Pefindo juga UbahPeringkat Waskita Toll Road, Gara-gara WSBP Gagal Bayar?

Kamis, 24 Februari 2022 | 14:42 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Waskita Karya Tbk (WSKT) mendukung penuh operasional anak perusahaan PT Waskita Toll Road (WTR) yang bergerak dalam bisnis pengembangan jalan tol.

Berdasarkan hasil rating PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) tahun ini, terdapat perubahan pada peringkat WTR yang semula idBBB- dengan outlook stable menjadi idBBB- dengan outlook negative.

Penurunan outlook negative, dinyatakan oleh manajemen WSKT, bukan merupakan indikasi penurunan kinerja atau isu internal yang terjadi di WTR namun lebih dalam kaitannya dengan situasi gagal bayar PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) baru-baru ini.

Baca juga: Duh, Pefindo Ubah Peringkat Waskita Karya (WSKT) ke idBBB Outlook Negatif

Waskita, jelas manajemen, mendukung penuh proses restrukturisasi WSBP sebagai opsi terbaik penyehatan keuangan Waskita Group. Dengan keberhasilan implementasi strategi delapan streams penyehatan keuangan Waskita pada tahun lalu, terutama dengan adanya penyertaan modal negara (PMN), saat ini WTR fokus menyelesaikan konstruksi tujuh ruas tol existing.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko WSKT Taufik Hendra Kusuma mengatakan, pihaknya optimis kinerja WTR pada tahun-tahun mendatang akan jauh lebih baik.

“Dengan berbekal dukungan pemerintah melalui PMN 2021 yang telah dialokasikan kepada WTR, sumber pendanaan WTR untuk menyelesaikan tujuh ruas tol hingga titik tertentu relatif aman hingga 2-3 tahun ke depan,” kata Taufik dalam keterangan resmi, Kamis (24/2).

Selain itu, WTR selaku anak perusahaan perseroan juga akan terus mendukung strategi delapan streams penyehatan keuangan Waskita melalui penyelesaian jalan tol yang sebelumnya sempat tertunda semenjak adanya pandemi Covid-19 dan memperlancar proses divestasi yang saat ini sedang dijalankan perseroan.

Untuk diketahui, Pefindo juga mengubah peringkat PT Waskita Karya Tbk (WSKT) yang semula idBBB dengan outlook stable menjadi idBBB dengan outlook negative.

Baca juga: Duh, Saham Waskita Precast (WSBP) Dibekukan

Hal tersebut terungkap dalam laporan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko WSKT Taufik Hendra Kusuma kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) tertanggal 23 Februari 2022.

“Sehubungan dengan telah diterimanya sertifikat pemantauan khusus dari PT Pemeringkat Efek Indonesia kepada PT Waskita Karya (Persero) Tbk, berikut kami sampaikan salinan dari sertifikat tersebut. Terdapat perubahan pada peringkat perseroan yang semula idBBB dengan outlook stable menjadi idBBB dengan outlook negative,” tulis Taufik dalam laporannya dikutip Kamis (24/2).

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com