Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Archi Indonesia, Foto: perseroan

Archi Indonesia, Foto: perseroan

Archi Indonesia (ARCI) Dukung Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat di Bitung dan Minahasa

Jumat, 25 Februari 2022 | 16:13 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Archi Indonesia Tbk (ARCI) bersama anak usahanya, PT Meares Soputan Mining (MSM) dan PT Tambang Tondano Nusajaya (TTN) melakukan program Gerakan 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Program ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat lingkar tambang, khususnya pencegahan perlambatan pertumbuhan (stunting) pada anak-anak di kawasan Bitung dan Minahasa Utara.

Adapun MSM dan TTN mengadakan sejumlah aktivitas, diantaranya pelatihan petugas pos pelayanan terpadu (posyandu) untuk peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi ibu dan anak, program intervensi gizi spesifik melalui pemberian tambahan makanan bernutrisi, serta dukungan berupa dana sosial. Selain itu, sepanjang tahun 2021, MSM dan TTN telah mengembangkan Pola Pemberian Makanan Tambahan (PPMT) dengan memanfaatkan bahan pangan yang tersedia secara lokal dan memberdayakan kaum perempuan dari berbagai desa dan kelurahan sebagai pengolah bahan makanan bernutrisi melalui berbagai aktivitas pelatihan. Berbagai program ini telah menjangkau berbagai posyandu yang tersebar di 28 desa dan kelurahan sekitar wilayah operasional kedua perusahaan. 

Advertisement

Baca juga: Pit Archi Indonesia (ARCI) ada yang Rusak, Bagaimana Kegiatan Tambang?

Direktur Archi David Sompie menjelaskan, Gerakan 1.000 HPK dan PPMT adalah dua dari berbagai upaya MSM dan TTN, sebagai bagian dari grup usaha Archi, untuk menunjukkan kepedulian kami kepada kesejahteraan masyarakat.

“Kami meyakini bahwa gerakan dan program ini dapat bermanfaat untuk mendukung pemenuhan gizi masyarakat, khususnya bagi kelompok masyarakat yang rentan menderita stunting. Kami berharap dapat meletakkan landasan yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat, serta dapat menciptakan potensi kegiatan ekonomi baru melalui pemberdayaan pengolah bahan makanan yang sehat,” jelas dia dalam keterangan resmi, Jumat (25/2).

Program PPMT telah berhasil mengembangkan industri biskuit kelor Moringa yang mengandung berbagai nutrisi penting dalam mendukung tumbuh kembang anak, seperti protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, dan berbagai vitamin lainnya. Tambahan nutrisi ini memiliki manfaat yang baik khususnya bagi para ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak usia di bawah lima tahun, serta khususnya bagi kelompok anak yang rentan mengalami stunting. Bahan baku produksi biskuit ini telah dikembangkan di kebun percontohan yang diadakan oleh MSM dan TTN, dan akan didistribusikan lebih lanjut kepada masyarakat lingkar tambang sehingga memberikan manfaat yang luas, baik dalam aspek kesehatan maupun kesejahteraan masyarakat. 

Baca juga: Terapkan Sejumlah Inisiatif, Archi Indonesia (ARCI) Optimis Lanjutkan Pertumbuhan di 2022

Program kepedulian masyarakat ini merupakan kelanjutan dari komitmen jangka panjang MSM dan TTN, untuk berkontribusi kepada lingkungan dan masyarakat di mana perusahaan-perusahaan ini beroperasi. Melalui prinsip-prinsip kepedulian lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG), Archi telah menjalankan sejumlah program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di daerah Sulawesi Utara, termasuk di antaranya dukungan terhadap penanganan Covid-19 yang mencakup donasi unit laboratorium mobil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) serta donasi bahan kebutuhan pokok dan masker kepada lebih dari 8.000 kepala keluarga di sekitar wilayah tambang. 

Editor : Gita Rossiana (gita.rossiana@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN