Menu
Sign in
@ Contact
Search
Indika akan menjual 69,8% saham Petrosea

Indika akan menjual 69,8% saham Petrosea

Indika (INDY) akan Jual 69,8% Saham Petrosea (PTRO) Senilai Rp 2,1 Triliun

Selasa, 1 Maret 2022 | 08:23 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Indika Energy Tbk (INDY) akan menjual 69,8% PT Petrosea Tbk (PTRO) kepada PT Caraka Reksa Optima (CARA). Nilai penjualan saham diperkirakan mencapai US$ 146,58 juta atau setara Rp 2,1 triliun.

Adapun INDY menandatangani penjualan seluruh Petrosea pada 25 Februari 2022. Pada perjanjian tersebut, Indika akan menjual 704,01 juta saham atau 69,8% kepemilikan saham. Transaksi ini diharapkan selesai pada akhir Mei 2022 dengan pemenuhan beberapa persyaratan pendahuluan  sebagaimana diatur perjanjian.

Baca juga: Masuk Bisnis Kendaraan Listrik, Trimegah Sekuritas Kembali Rekomendasikan Saham Indika Energy (INDY)

Valuasi yang disepakati untuk seluruh saham di Petrosea adalah setara dengan US$ 210 juta. Dengan demikian, perkiraan nilai penjualan dari transaksi mencapai US$ 146,5 juta.

Petrosea adalah perusahaan multi-disiplin yang bergerak di bidang kontrak pertambangan, khususnya batu bara dengan pengalaman hampir 50 tahun dan telah menerapkan teknologi digital dalam operasi pertambangannya. Penjualan kepemilikan saham di Petrosea adalah bagian dari strategi INDY untuk menyelaraskan kembali  portofolio bisnisnya, untuk mencapai target 50% pendapatan dari sektor non-batu bara pada 2025 dan menjadi perusahaan netral karbon pada 2050.

Baca juga: Kolaborasi dengan Foxconn dan Gogoro, Indika Energy (INDY) Investasi di Ekosistem Kendaraan Listrik

Menurut Azis Armand, Wakil Direktur Utama dan Group CEO Indika Energy, pihaknya terus mengkaji portofolio bisnisnya dan mengutamakan aspek berkelanjutan, serta akan fokus melakukan diversifikasi di luar sektor intinya di bidang energi dan pertambangan. 

“Hasil penjualan Petrosea akan digunakan untuk memperkuat finansial perusahaan, serta mendanai diversifikasi bisnis perusahaan yang mengedepankan aspek keberlanjutan sehingga dapat memaksimalkan nilai bagi pemegang saham,” jelas Azis dalam keterangan resmi, Selasa (⅓).

Editor : Gita Rossiana (gita.rossiana@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com