Menu
Sign in
@ Contact
Search
HK Tower, kantor pusat PT Hutama Karya. Foto: IST

HK Tower, kantor pusat PT Hutama Karya. Foto: IST

Bareng Kontraktor Tiongkok, Hutama Karya Garap Tol Semarang-Demak Paket 1A Rp 2 Triliun

Jumat, 11 Maret 2022 | 13:02 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Hutama Karya baru saja meraih kontrak baru untuk menggarap proyek konstruksi Jalan Tol Semarang-Demak 1A sepanjang 4 km. Dalam pengerjaan proyek tersebut, Hutama Karya berkolaborasi dengan Beijing Urban Construction Group (BUCG), dengan porsi Hutama Karya adalah sebesar 40%.

Penandatanganan kontrak proyek telah dilakukan pada 24 Januari 2022 lalu di Gedung Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta. Penekenan kontrak proyek dilakukan antara PPK Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Paket 1A, Benni W. Christiawan dan JO Authorized Representative Beijing Urban Construction Group Co Ltd Fan Zhiwei dengan disaksikan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca juga: INA Ambil Alih Dua Ruas Tol Waskita (WSKT)

Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra menyampaikan bahwa Hutama Karya bersama dengan BUCG menargetkan proyek senilai Rp 2,08 triliun ini dapat rampung dalam waktu 810  hari kalender atau pada Juli 2024 mendatang.

“Adapun dalam menggarap Tol Semarang-Demak 1A ini, kami akan mengerjakan peninggian Jembatan Kaligawe, penyambungan approach bridge, dan pekerjaan elevasi pada 14 titik. Semuanya di daerah Kota Semarang,” terang Novias dalam keterangan resmi, Jumat (11/3/2022).

Lebih lanjut, Novias menyampaikan bahwa proyek Tol Semarang-Demak 1A dibangun di atas tanah yang sangat lunak dari kedalaman 0 hingga 20 m sehingga dalam konstruksinya perusahaan akan menggunakan teknologi Mortar Busa dalam mengatasi kondisi tanah lunak tersebut.

“Salah satu tantangan dalam proyek ini adalah lokasi proyek yang berada di wilayah dengan trafik lalu lintas yang cukup padat sehingga nanti akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Meski demikian kami akan memastikan konstruksi Jalan Tol Semarang-Demak 1A tidak mengganggu pengguna jalan, khususnya di jalan arteri sekitar proyek. Kami sudah siapkan mitigasinya,” jelas Novias Nurendra.

Baca juga: Wah, Waskita (WSKT) Jajaki Kerja Sama Pendanaan Proyek dengan Perusahaan asal UEA

Proyek Jalan Tol Semarang-Demak merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN). Jika rampung, kehadiran Tol Semarang-Demak 1A akan membuka konektivitas dan meningkatkan kapasitas jalan khususnya di wilayah Kota Semarang dan Kabupaten Demak sehingga dapat memperlancar kegiatan perekonomian masyarakat sekitar. Kehadiran tol ini juga akan melengkapi jaringan jalan tol yang sudah ada di Provinsi Jawa Tengah serta terbangunnya tanggul laut di wilayah utara Kota Semarang untuk mengatasi masalah banjir rob yang sering terjadi di area Semarang dan Demak.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com