Menu
Sign in
@ Contact
Search
IST

IST

East Ventures Jadi VC IndonesiaPertama yang TekenUN Principles for Responsible Investment

Selasa, 15 Maret 2022 | 14:29 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id — East Ventures, perusahaan venture capital (VC)  investasi startup teknologi di seluruh sektor (sector-agnostic) di Indonesia resmi menandatangani UN Principles for Responsible Investment (UN PRI) sebagai bagian dari komitmennya untuk menciptakan keputusan investasi dan kepemilikan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. East Ventures menjadi perusahaan venture capital Indonesia pertama yang terdaftar sebagai penandatanganan UN PRI.

Venture Partner of East Ventures Avina Sugiarto mengatakan, hal ini semakin kian memperkuat kepercayaan perusahaan bahwa penerapan pendekatan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (Environmental, Social, and Governance/ESG) akan menjadi prinsip pendorong keberlanjutan untuk semua pemain.

Baca juga: Dipimpin East Ventures, Bananas Raih Pendanaan US$ 1,5 Juta

“East Ventures percaya bahwa keberlanjutan telah dan akan terus menjadi fokus dari setiap hal yang kami lakukan, dan pendekatan ESG telah terintegrasi dalam praktik kami. Kami berharap penandatanganan UN PRI dapat semakin memperkuat komitmen kami untuk mencapai pembangunan berkelanjutan serta membawa lebih banyak dampak positif bagi masyarakat,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (15/03/2022).

PRI adalah lembaga jaringan investor internasional yang didukung oleh Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) yang mendukung investasi bertanggung jawab di dunia. Melalui penandatanganan UN PRI, East Ventures akan terus mempraktekkan dan mengimplementasikan kontribusinya sebagai investor yang berkomitmen dalam mengembangkan sistem keuangan global yang lebih berkelanjutan, serta melanjutkan penerapan enam prinsip dari Principles for Responsible Investment untuk mencapai tujuan masyarakat yang lebih luas.

Baca juga: East Ventures dan Telkom Suntik Pendanaan Awal Start-up Riliv

Enam prinsip utama yang menjadi fokus PRI untuk investasi yang bertanggung jawab, meliputi memasukkan isu-isu ESG ke dalam analisis investasi dan proses pengambilan keputusan, menjadi pemilik aktif dan memasukkan isu-isu ESG ke dalam kebijakan dan praktik kepemilikan, dan mencari pengungkapan yang tepat tentang isu-isu ESG pada entitas yang diinvestasi. Serta, mendorong penerimaan dan penerapan principles dalam industri investasi, bekerja sama untuk meningkatkan efektivitas dalam menerapkan principles, dan  melaporkan kegiatan dan kemajuan menuju penerapan principles.

East Ventures telah dan akan terus secara aktif menggabungkan prinsip-prinsip ini dalam operasional dan ekosistemnya. East Ventures telah berinvestasi di berbagai startup yang mempromosikan keberlanjutan untuk lingkungan yang lebih hijau seperti Aruna (e-commerce perikanan), Xurya (startup tenaga surya), Waste 4 Change (pengelolaan limbah). Kemudian start up yang mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan seperti Nalagenetics and Nusantics (BioTech), Mindtera, dan Riliv (Kesehatan mental), dan Homage (perawatan lansia). Lalu, start up yang mempromosikan pendidikan yang berkualitas seperti Ruangguru, T-labs, Geniebook (EduTech), pengurangan limbah makanan, TreeDots (social commerce), dan banyak lainnya.

 

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com