Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pelabuhan yang dikelola PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT)

Pelabuhan yang dikelola PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT)

Meski Pendapatan Tumbuh 2,2%, Nusantara Pelabuhan (PORT) masih Cetak Rugi Bersih

Rabu, 6 Apr 2022 | 12:10 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id — Emiten operator terminal petikemas serta pengadaan dan pemeliharaan alat-alat pelabuhan, PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT), mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 2,2% menjadi Rp 1,3 triliun pada 2021.

Berdasarkan keterangan resmi, Rabu (6/4), pencapaian tersebut didorong oleh peningkatan kegiatan bongkar muat petikemas sepanjang tahun 2021. Volume bongkar muat petikemas domestik di terminal yang dikelola perseroan mengalami kenaikan sebesar 18,6% pada tahun 2021.

Peningkatan aktivitas bongkar muat petikemas domestik yang dikerjakan perseroan tersebut lebih tinggi, dibandingkan dengan peningkatan aktivitas bongkar muat di seluruh Pelabuhan Tanjung Priok yaitu sekitar 14,3%.

Baca juga: Intip Strategi Nusantara Pelabuhan Handal (PORT) Tingkatkan Kinerja Tahun Depan

Advertisement

Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan pangsa pasar perseroan di terminal domestik pelabuhan terbesar di Indonesia, Tanjung Priok. Peningkatan pangsa pasar perseroan di terminal domestik ini merupakan salah satu faktor penunjang kenaikan kinerja pendapatan di 2021 di segmen jasa pelabuhan (port services) menjadi sebesar Rp 1,2 triliun atau, naik 8,51% dibanding pendapatan di akhir tahun 2020.

Direktur Utama Nusantara Pelabuhan Handal Paul Krisnadi mengatakan, trafik bongkar muat petikemas dalam negeri tidak menurun sejak adanya pandemi, malahan meningkat sekitar 10% pada tahun 2021 dibandingkan dengan tahun 2020. Hal ini menunjukkan kegiatan ekonomi dalam negeri selama masa pandemi berjalan cukup lancar.

“Sepanjang tahun 2021, perseroan tetap berfokus untuk meningkatkan efisiensi dan mengontrol biaya operasi dan tetap meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan untuk memastikan agar throughput dapat dipertahankan dalam menghadapi berbagai tantangan,” ujar Paul.

Selain itu, dengan keberhasilan usaha efisiensi yang dilakukan di semua lini usahanya, perseroan berhasil mempertahankan beban langsung pada Rp 1,1 triliun sama dengan pencapaian di akhir 2020, sehingga laba bruto meningkat 23% menjadi Rp 201 miliar dibandingkan dengan Rp 163 miliar pada tahun 2020.

Selanjutnya, laba usaha berhasil dipertahankan di kisaran Rp 30 miliar pada tahun 2021, sementara rugi tahun berjalan di Rp 83 miliar pada tahun 2021. Hal ini terutama disebabkan oleh adanya rugi selisih kurs pada tahun 2021 sebesar Rp 43 miliar dimana pada tahun 2020 tedapat keuntungan selisih kurs sebesar Rp 12 miliar yang dibukukan oleh perseroan.

Paul menambahkan, adapun komoditas yang dimuat dalam petikemas yang dikelola oleh perseroan kebanyakan adalah barang-barang manufactured dan consumer goods. Sementara dari petikemas internasional juga ada bahan atau komponen untuk industri dalam negeri.

Disisi lain, untuk catatan trafik petikemas internasional yang dikelola oleh perseroan sepanjang tahun 2021 terjadi penurunan sebesar 1,9% dimana volume petikemas internasional secara nasional naik sebesar 10,6%.

Meskipun trafik petikemas internasional perseroan terjadi sedikit penurunan sepanjang tahun 2021, namun perseroan optimis tahun ini dapat kembali tumbuh. Hal tersebut dilihat dari trafik bongkar muat di pelabuhan internasional sepanjang kuartal pertama tahun 2022 yang telah kembali pulih seperti dengan trafik tahun 2019 sebelum adanya pandemi Covid-19.

“Hal ini menggambarkan bahwa masalah kekurangan petikemas yang mulai terjadi pada kuartal keempat tahun 2020 sudah teratasi dan kami berharap kinerja keuangan kami juga akan terus membaik di masa mendatang.” tutup Paul.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com