Menu
Sign in
@ Contact
Search
Wakkil Presiden Maruf Amin. Foto: BPMI Setwapres

Wakkil Presiden Maruf Amin. Foto: BPMI Setwapres

Wapres Ingatkan Masyarakat Jangan Ragukan Kehalalan Pasar Modal Syariah

Selasa, 12 April 2022 | 13:05 WIB
Herman (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan masyarakat untuk tidak ragu berinvestasi di pasar modal syariah karena sudah sesuai dengan prinsip syariah. Wapres menjelaskan, landasan fiqih dalam keuangan syariah, termasuk pasar modal syariah, hukum dasarnya bermuamalah adalah boleh, sepanjang tidak ada dalil yang melarang atau mengharamkannya. Sedangkan yang dilarang menurut syariah sudah jelas yang mengandung gharar, riba, maysir, riswah dan maksiat.

Baca juga: Wapres: Pemerintah Terus Berupaya Tekan Stunting ke Angka 14% Tahun 2024 

“Dengan demikian, sebetulnya masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi di pasar modal syariah. Seluruh transaksi dalam pasar modal syariah sudah sesuai dengan prinsip syariah berdasarkan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI),” kata Ma’ruf Amin dalam video sambutannya di acara peluncuran video edukasi, video sejarah dan talkshow pasar modal syariah yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Selasa (12/4/2022).

Ma'ruf Amin menyampaikan, sejak reksa dana syariah pertama hadir pada 1997, pasar modal syariah di Indonesia telah mengalami banyak kemajuan. Beragam instrumen investasi syariah berhasil dikembangkan dengan dilandasi fatwa DSN-MUI, mulai saham syariah, sukuk negara, hingga sukuk korporasi. Pasar modal syariah juga semakin diperkuat dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Baca juga: Presiden Jokowi Bayar Zakat Melalui Baznas

Namun di tengah majunya pasar modal syariah dan besarnya potensi ekonomi dan keuangan syariah, Wapres mencermati masih terbatasnya informasi yang diterima masyarakat, sehingga potensi yang tersedia belum banyak dimanfaatkan. Wapres juga melihat banyak masyarakat yang masih ragu berinvestasi di pasar modal syariah tentang kehalalannya, meskipun sudah ada fatwa yang memberikan landasan kehalalannya.

“Oleh karenanya, saya kerap menyampaikan pentingnya sosialisasi dan edukasi yang intensif untuk meningkatkan literasi masyarakat, terutama mengenai kehalalan pasar modal syariah,” kata Ma’ruf Amin.


 

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com