disini
NorthstarPimpin Pendanaan Seri-AUS$ 22 Juta ke Anak Usaha Mahaka Radio (MARI) NOICE
 Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
(Kiri ke kanan) NOICE CBO Niken Sasmaya and CEO Rado Ardian

(Kiri ke kanan) NOICE CBO Niken Sasmaya and CEO Rado Ardian

NorthstarPimpin Pendanaan Seri-AUS$ 22 Juta ke Anak Usaha Mahaka Radio (MARI) NOICE

Rabu, 20 April 2022 | 14:44 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Northstar, pimpin pendanaan Seri-A senilai US$ 22 juta atau setara dengan Rp 316 miliar ke platform konten audio lokal NOICE, yang dioperasikan oleh perusahaan radio terdaftar PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI). Pendanaan ini juga diikuti oleh para investor sebelumnya, yaitu Alpha JWC, Go-Ventures, dan Kinesys.

Co-founder & Managing Partner Northstar Group Patrick Walujo mengungkapkan, konten digital audio merupakan salah satu kategori media yang memiliki pertumbuhan tercepat dengan miliaran pendengar secara global.

Advertisement

“Kami telah bekerjasama dengan NOICE sejak tahun 2019 dan sangat tertarik dengan pertumbuhan bisnis NOICE yang sangat pesat. Dipimpin oleh Rado dan Niken serta didukung oleh jaringan Mahaka Radio yang sangat besar, NOICE telah berkembang menjadi platform teknologi yang memiliki dampak sosial dalam mendukung para konten kreator berbakat, storyteller, pembawa acara talk show hingga artis untuk menghadirkan konten yang berkualitas serta menjangkau pendengar mereka di tanah air dan berbagai daerah lainnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (20/04/2022).

Baca juga: Raih US$ 22 Juta, Anak Usaha Mahaka Radio (MARI) NOICE Siap Dobrak Industri Konten Audio

Seperti diketahui, NOICE terbukti mampu menjembatani kesenjangan besar antara supply konten audio lokal yang saat ini lebih didominasi oleh konten musik. Hingga saat ini NOICE telah memiliki lebih dari dua juta pengguna, pertumbuhan yang meningkat 4x lipat sejak tahun sebelumnya dengan waktu yang dihabiskan pendengar setiap harinya di aplikasi NOICE mencapai lebih dari 80 menit. NOICE fokus pada produksi dan kurasi konten audio lokal di berbagai vertikal dengan menghadirkan lebih dari 40.000 konten di aplikasinya. Baru-baru ini, NOICE juga berkolaborasi dengan komunitas penulis lokal Indonesia untuk meluncurkan konten terbaru dalam format audio drama series.

“Investasi ini menandai tonggak pencapaian berikutnya bagi NOICE untuk membuka pintu kesempatan lebih besar dalam mendisrupsi industri konten audio Indonesia kedepannya. Investasi ini akan kami gunakan untuk mengembangkan komunitas kreator, platform teknologi, dan memperluas cakupan konten audio series untuk menghadirkan cerita-cerita terbaik Indonesia dari komunitas penulis lokal dan mengadaptasinya ke dalam format audio. Kami telah menguji coba format baru ini dan melihat hasil interaksi dan retensi yang sangat menjanjikan. Ini benar-benar ruang baru yang menarik untuk dijelajahi dan memiliki banyak sekali potensi,” kata CEO NOICE Rado Ardian.

Seperti yang telah diumumkan di awal tahun ini, NOICE terus memperluas pilihan beragam konten podcastnya lewat kolaborasi dengan berbagai public figure dan influencer terkemuka seperti Raffi Ahmad, Arief Muhammad, Jerome Polin, Vincent, Desta, Andre Taulany dan masih banyak lagi. Para konten kreator populer ini memiliki total lebih dari 130 juta+ pengikut & subscriber di media sosial. Kehadiran mereka menginspirasi lebih banyak kreator untuk ikut mencoba berkarya di industri konten audio serta menghadirkan konten mereka di NOICE.

Baca juga: NOICE Platform Milik Mahaka Radio (MARI) Luncurkan Noicemaker Studio

Untuk mendorong lebih banyak kreator dalam membangun konten mereka, NOICE juga meluncurkan program pengembangan kreator secara menyeluruh untuk mendampingi mereka dalam perjalanan menjadi kreator konten audio dengan platform khusus berbasis SaaS (Software as a Service) yang memberikan kemudahan akses bagi para konten kreator untuk menghadirkan dan mengembangkan konten mereka di NOICE secara langsung.

“Pengguna dan kreator selalu menjadi prioritas utama kami. Untuk pengguna, kami ingin NOICE hadir sebagai aplikasi yang menjadi teman dalam genggaman yang menemani keseharian mereka melalui berbagai konten pilihan, mulai dari kreator pendatang baru, kreator hyperlocal dari berbagai daerah, hingga mega influencer. Sementara dari sisi kreator, kami ingin berinvestasi dalam membangun infrastruktur untuk Noicemaker Studio, platform yang baru saja kami luncurkan sebagai ruang bagi kreator untuk dapat mengembangkan kualitas konten mereka sekaligus membuka potensi monetisasi dalam bentuk dukungan fans terhadap kreator,” lanjut Rado.

“Komitmen kami masih tetap sama, yakni menumbuhkan dan mengembangkan ekosistem konten kreator audio di Indonesia. Kami menghadirkan Noicemaker Club Program (NCP), sebuah program terintegrasi untuk mendukung dan mengembangkan kreator baru maupun kreator yang sudah lama berkecimpung dan terus berkembang di NOICE. Dukungan tersebut akan mencakup berbagai materi mulai dari edukasi dan workshop, dukungan produksi konten, promosi, hingga monetisasi. Agar setiap kreator bisa menjadi bagian dari ekosistem kami, kami baru saja meluncurkan Noicemaker Studio yang merupakan sebuah ruang digital untuk memudahkan para konten kreator dalam mendistribusikan karya podcast mereka di NOICE hanya dengan sekali klik dan memberikan mereka akses ke metrik performa konten mereka sendiri melalui personal dashboar,” kata Co-founder & CBO NOICE Niken Sasmaya.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN