Menu
Sign in
@ Contact
Search
Direktur Penilaian Perusahaan Bursa BEI I Gede Nyoman Yetna. (ist)

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa BEI I Gede Nyoman Yetna. (ist)

Catat! Masih Ada 35 Perusahaan Lagi bakal Melantai di BEI Tahun Ini

Jumat, 22 April 2022 | 05:18 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna menyebut, hingga saat ini, terdapat 35 perusahaan dalam pipeline pencatatan saham BEI pada tahun ini. Ia pun optimistis prospek IPO pada 2022 bakal bertumbuh dengan kondusif. Bahkan, realisasi emisi IPO pada 2022 diperkirakan dapat lebih baik dari tahun sebelumnya.

Nyoman Yetna menjelaskan, sampai dengan 20 April 2022 telah tercatat 17 Perusahaan yang mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia. Hingga saat ini, terdapat 35 perusahaan dalam pipeline pencatatan saham BEI.

Dengan klasifikasi aset perusahaan yang saat ini berada dalam pipeline merujuk pada POJK Nomor 53/POJK.04/2017 adalah enam Perusahaan aset skala kecil. (aset dibawah Rp50 miliar), 13 Perusahaan aset skala menengah. (aset antara Rp50 miliar - 250 Miliar), dan 16 Perusahaan aset skala besar. (aset diatas Rp250 miliar).

Sedangkan rincian sektornya, Nyoman Yetna menyebut, dua perusahaan dari sektor Basic Materials, dua perusahaan dari sektor Industrials, tiga perusahaan dari sektor Transportation & Logistic, enam perusahaan dari sektor Consumer Non-Cyclicals, enam perusahaan dari sektor Consumer Cyclicals, dua perusahaan dari sektor Technology, dua perusahaan dari sektor Healthcare, tiga perusahaan dari sektor Energy.

Baca juga:BEI Jajaki Pemesanan Obligasi lewat Sistem e-IPO

"Ditambah lagi, empat perusahaan dari sektor Properties & Real Estate. “Serta, lima perusahaan dari sektor Infrastructures,” ungkap Nyoman Yetna, Kamis (21/4/2022).

Nyoman Yetna mengatakan, BEI senantiasa mendukung perusahaan-perusahaan untuk dapat menghimpun dana di pasar modal. Beberapa kemudahan telah diberikan bagi semua tingkatan perusahaan yang diwujudkan dengan berbagai penyesuaian peraturan dan penyusunan kajian terkait mekanisme pencatatan saham. Pihaknya berharap hal tersebut dapat menjadi booster.

"Sehingga nantinya akan lebih banyak perusahaan yang dapat tercatat di BEI dengan kuantitas, kualitas, dan nilai proceed yang lebih tinggi. Tentunya semua dilakukan dengan tetap memperhatikan aspek perlindungan investor,” tegas Nyoman Yetna.

Dalam upaya meningkatkan literasi mengenai pasar modal, lanjut Nyoman Yetna, BEI juga secara berkesinambungan melakukan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan agar kedepannya dapat melakukan penggalangan dana di pasar modal Indonesia.

Baca juga:BEI Mencatatkan Net Buy Saham Rp 41,39 Triliun

Nyoman Yetna mengaku optimistis prospek IPO pada tahun 2022 bertumbuh dengan kondusif. Pemulihan ekonomi masih berlanjut di tahun ini. Beberapa indikator pasar modal seperti minat perusahaan yang akan melakukan penggalangan dana masih relatif tinggi.

Bahkan, Nyoman Yetna mengatakan indeks harga saham gabungan (IHSG) juga terus menunjukkan pertumbuhan dan per tanggal 20 April 2022 telah menyentuh angka 7.227,36. “Indikator lainnya yang mendukung adalah tren investor di pasar modal Indonesia yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir,” tambahnya

Ditambah lagi, Nyoman Yetna menyebut, stabilitas ekonomi Indonesia relatif stabil di tahun 2022 ini. Selain itu, kondisi pasar modal yang kondusif serta didukung oleh supervisi dari OJK dan kepercayaan stakeholder pasar modal tetap terjaga. “Kami yakin bahwa semua hal positif di atas turut memberikan optimisme tahun ini dapat lebih baik dari tahun sebelumnya,” tutupnya.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com