Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau Mitratel. Foto: Perseroan.

PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau Mitratel. Foto: Perseroan.

Bangun Serat Optik, Mitratel (MTEL) akan Gelontorkan Dana Rp 1 Triliun

Jumat, 22 Apr 2022 | 22:39 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau Mitratel menyiapkan dana investasi hingga Rp 1 triliun untuk mendanai pembangunan serat optik pada tahun ini.

Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko mengatakan bahwa perseroan sedang bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital (digital telco), salah satunya dengan melengkapi portofolio bisnis melalui serat optik.

Baca juga: Wow! Mitratel (MTEL) Resmi Umumkan Jumlah Dividen, Nyaris Rp 1 Triliun

“Jadi, kami mulai menjalankan pembangunan serat optik di kurang lebih 2.000 km dan on average sudah terselesaikan sebesar 30%. Kami targetkan dalam waktu yang tidak lama pembangunan tersebut selesai dan bisa digunakan seluruh mobile network operator (MNO),” jelas pria yang akrab disapa Tedi ini dalam paparan publik, Jumat (22/4/2022).

Advertisement

Adapun total dana yang disiapkan perseroan untuk mendanai seluruh program serat optik pada tahun ini sebesar Rp 500 miliar hingga Rp 1 triliun. Tedi menambahkan bahwa dana untuk pembangunan serat optik itu berasal dari hasil IPO. “Jadi, tidak ada capital expenditure (capex) tambahan di luar proceed IPO yang kami gunakan,” imbuh Tedi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Investasi Mitratel Hendra Purnama juga mengatakan, tahun ini, perseroan menganggarkan capex sebesar Rp 9,9 triliun yang akan digunakan untuk pengembangan organik berupa pembangunan menara baru dan penguatan kolokasi serta pembangunan serat optik. Sisanya akan dipakai untuk anorganik, seperti akuisisi menara yang pada tahun ini ditargetkan 3.000 tower.

Baca juga: Ini Target Harga Saham Mitratel (MTEL) Menurut Konsensus Analis

Sejauh ini, lanjut Hendra, Mitratel belum berencana untuk mencari sumber pendanaan atau pinjaman dari luar negeri dan masih akan fokus memanfaatkan sumber dari dalam negeri. Pasalnya, Mitratel belum ingin memiliki exposur pada foreign exchange (forex), sehingga apabila memperoleh pinjaman luar negeri, pihaknya akan melakukan hedging cost.

“Tapi yang jelas, untuk saat ini hedging cost belum terlalu menarik. Oleh sebab itu, kita fokuskan pinjaman dari dalam negeri,” ujarnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com