Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi CPO.

Ilustrasi CPO.

Ekspor CPO dan Minyak Goreng Dilarang, Saham Emiten CPO Anjlok

Senin, 25 April 2022 | 09:29 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Harga saham emiten perkebunan kelapa sawit maupun minyak sawit mentah (CPO) berguguran hingga auto reject bawah (ARB) pagi hari ini, Senin (25/4). Penurunan dalam tersebut dipicu atas keputusan pemerintah untuk melarang ekspor minyak kelapa sawit dan minyak goreng mulai Kamis (28/4).

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), saham PT Astra Agro Lestari Tb (AALI) turun hingga ARB dengan penurunan Rp 900 (6,84%) menjadi Rp 12.250, PT PP London Sumatra Indonesia tbk (LSIP) anjlok Rp 100 (6,94%) menjadi Rp 1.340, PT Gozco Plantations Tbk (GZCO) turun Rp 13 (6,31%) menjadi Rp 193, dan beberapa emiten sawit lainnya.

Baca juga: Pelarangan Ekspor CPO dan Migor Punya Efek Domino

Penurunan saham emiten CPO sembat membuat indeks harga saham gabungan (IHSG) anjlok hingga lebih dari 100 poin pada perdagangan awal.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng mulai Kamis (28/4/2022). Keputusan ini diambil Jokowi seusai memimpin rapat terbatas tentang pemenuhan kebutuhan pokok rakyat.

“Hari ini saya telah memimpin rapat tentang pemenuhan kebutuhan pokok rakyat utamanya yang berkaitan dengan ketersediaan minyak goreng di dalam negeri,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers yang disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (22/4/2022).

“Dalam rapat tersebut telah saya putuskan pemerintah melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng mulai Kamis, 28 April 2022,” lanjut Jokowi.

Baca juga: Penetapan Tersangka Kasus Migor Jangan Hambat Jalur Distribusi

Ia menegaskan pelarangan ekspor bahan baku minyak goreng ini akan terus berlanjut hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian. “Sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian,” ujar Jokowi.

Jokowi mengungkapkan kebijakan ini dikeluarkan untuk mengantisipasi harga minyak goreng yang melambung tinggi akibat adanya kelangkaan pasokan minyak goreng di tengah-tengah masyarakat.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com