Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presdiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk Garibaldi Thohir. (Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu)

Presdiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk Garibaldi Thohir. (Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu)

Kabar Gembira dari Adaro (ADRO) Jelang Cuti Bersama: Bagikan Dividen US$ 650 Juta

Kamis, 28 April 2022 | 07:52 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) menyelenggarakan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) 2022 pada Rabu (27/4/2022). Salah satu keputusan rapat ialah setuju membagikan dividen US$ 650 juta untuk tahun 2021.

Di mana, sebesar US$ 350 juta telah dibagikan pada bulan Januari 2022 sebagai dividen interim dan sebesar US$ 300 juta akan dibagikan sebagai dividen tunai final.

Baca juga: Putra TP Rachmat Ditunjuk Jadi Presdir Adaro Minerals (ADMR)

Presiden Direktur ADRO, Garibaldi ‘Boy’ Thohir mengungkapkan, pihaknya berterima kasih kepada seluruh pemegang saham atas partisipasi dan dukungan yang diberikan pada RUPST ini dan bersyukur bahwa pembahasan seluruh agenda RUPST berjalan dengan baik.

“Kami juga bersyukur karena industri batu bara menutup tahun 2021 dengan sangat baik. Pemulihan ekonomi global telah mendorong permintaan listrik, dan demikian juga permintaan terhadap batu bara. Melalui fokus yang konsisten pada keunggulan operasional dan pengendalian biaya, kami berhasil melampaui panduan dan mempertahankan marjin yang sehat,” ungkap Garibaldi Thohir dalam keterangan resmi, Kamis (28/4/2022).

Dia menambahkan, pihaknya dapat mencapai posisi saat ini berkat dukungan para pemegang saham. Memberikan pengembalian (return) kepada para pemegang saham selalu merupakan salah satu komitmen ADRO.

“Saat ini kami akan memenuhi komitmen tersebut dengan membagikan dividen tunai reguler sebesar US$ 650 juta untuk tahun 2021, di mana sebesar US$ 350 juta telah kami bagikan pada bulan Januari 2022 sebagai dividen interim dan sebesar US$ 300 juta akan dibagikan sebagai dividen tunai final,” terang Boy Thohir.

RUPST ADRO membahas empat agenda. Pada agenda pertama, para pemegang saham menyetujui dan mengesahkan laporan tahunan dan laporan keuangan konsolidasian Adaro untuk tahun buku 2021. Para pemegang saham juga memberikan pembebasan dan pelepasan dua sepenuhnya (acquit et décharge) kepada seluruh anggota direksi dan dewan komisaris untuk tindakan pengurusan dan pengawasan yang dilaksanakan pada tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021.

Pada agenda kedua, para pemegang saham menyetujui penggunaan laba bersih ADRO untuk tahun buku 2021 yang mencapai US$ 933 juta untuk keperluan tertentu, di mana dari total laba bersih sebesar US$ 650 juta atau 70% digunakan untuk membayar dividen tunai, yang terdiri dari US$ 350 juta sebagai pembayaran dividen interim dan sebesar US$ 300 juta sebagai pembayaran dividen final, sisanya sebesar US$ 283 juta ditetapkan sebagai laba ditahan.

Baca juga: Obligasi Rp 3,75 Triliun Adhi Karya (ADHI) Oversubscribed

Pada agenda ketiga dan keempat, para pemegang saham menyetujui penunjukan Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan, anggota jaringan global PricewaterhouseCoopers di Indonesia, untuk mengaudit laporan keuangan konsolidasian ADRO untuk tahun buku 2022 dan menugaskan Komite Nominasi dan Remunerasi, yang fungsinya dijalankan oleh dewan komisaris ADRO, untuk menentukan honor atau gaji, dan bentuk remunerasi lainnya untuk dewan komisaris dan direksi Adaro untuk tahun buku 2022 dengan mempertimbangkan kondisi keuangan ADRO.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN