Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Darma Henwa Tbk. (Foto: Beritasatu.com)

PT Darma Henwa Tbk. (Foto: Beritasatu.com)

Gelar Private Placement, Darma Henwa (DEWA) Lepas 10% Saham

Rabu, 18 Mei 2022 | 00:09 WIB
Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Darma Henwa Tbk (DEWA) berencana menggelar penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (non-HMETD) atau private placement sebanyak 2,18 miliar saham baru. Aksi korporasi emiten Grup Bakrie ini dilakukan untuk memperkuat struktur permodalan dan meningkatkan jumlah saham yang beredar di pasar.

Saham yang akan diterbitkan tersebut mencapai 10% dari jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perubahan anggaran dasar perseroan. "Dalam hal penerbitan saham baru melalui penambahan modal, perseroan akan menawarkan kepada calon investor dengan syarat-syarat dan harga yang sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, termasuk ketentuan di bidang pasar modal," jelas manajemen Darma Henwa dalam keterangan tertulis, Selasa (17/5/2022).

Untuk memuluskan aksinya, Darma Henwa akan meminta restu pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 30 Juni mendatang. "Penambahan modal akan dilaksanakan secara bertahap ataupun sekaligus dalam jangka waktu dua tahun terhitung sejak tanggal persetujuan RUPSLB yang menyetujui penambahan modal ini," ungkap manajemen.

Baca juga: Tenang, MNC Energy (IATA) Tetap akan Gelar Private Placement

Manajemen DEWA mengaku, saat ini perseroan belum memiliki calon pemodal yang pasti untuk rencana transaksi ini, termasuk ada atau tidak adanya hubungan afiliasi dengan perusahaan. Apabila di kemudian hari keterangan mengenai calon pemodal telah dapat diungkapkan, perseroan akan mengumumkan keterangan mengenai calon pemodal melalui pengumuman keterbukaan informasi sesuai dengan ketentuan dalam POJK No.14/2019.

Penambahan modal melalui private placement ini akan menyebabkan rasio-rasio keuangan penting DEWA menjadi lebih baik, dimana rasio lancar naik menjadi 85,31%. Ini menunjukan bahwa setelah penambahan modal, DEWA memiliki aset lancar yang lebih besar untuk membayar utang jangka pendeknya.

Rasio liabilitas terhadap ekuitas juga akan turun menjadi 105,07%. Hal ini menunjukan bahwa komposisi ekuitas perseroan meningkat dibandingkan dengan utangnya. Serta, menunjukan bahwa struktur permodalan perseroan akan menjadi lebih baik karena didominasi oleh ekuitas dibandingkan utang.

Pelaksanaan penambahan modal dengan menerbitkan saham baru yang telah berhasil dijalankan akan mengakibatkan jumlah saham yang dikeluarkan perseroan bertambah, dan persentase kepemilikan saham masing-masing pemegang saham DEWA akan mengalami penurunan atau dilusi sebesar 9,09%.

Diakui manajemen DEWA, 2021 merupakan tahun yang cukup berat untuk dilalui oleh berbagai unit penggerak ekonomi dunia, tidak terpisahkan juga berdampak pada Indonesia. Minusnya pertumbuhan ekonomi Indonesia akibat penyebaran Covid-19, diprediksi akan membaik di tahun ini.

Baca juga: Krakatau Steel (KRAS) Tambah Saham Krakatau Posco Rp 4,5 T, Begini Skenarionya...

Berbeda dengan usaha lainnya, dalam kondisi ekonomi dunia yang tidak menentu dan melambat, DEWA berhasil meningkatkan pendapatan menjadi sebesar US$ 322,74 juta atau naik 6,45% dibanding tahun sebelumnya, dan memperoleh laba komprehensif sebesar US$ 1,47 juta. "Ini membuktikan bahwa perseroan dapat memanfaatkan kondisi dan peluang dan meningkatkan kinerjanya dari tahun ke tahun," ungkap manajemen.

Mengingat pertumbuhan dan kinerja yang positif dari tahun ke tahun, perseroan menimbang bahwa memperkuat struktur permodalan dan keuangan dalam kegiatan berusahanya adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Dana yang diperoleh dari penambahan modal melalui private placement ini setelah dikurangi biaya-biaya transaksi dan lainnya, akan dipergunakan oleh perseroan dan/atau entitas anak perseroan untuk memperkuat permodalan dan pertumbuhan usaha dalam bentuk modal kerja.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN